Presiden Joko Widodo (kiri) disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac, Rabu (13/1/2021). ANTARA
Health

Mendapatkan Suntikan Vaksin yang Ketiga, Bolehkah?

Ni Luh Anggela
Kamis, 24 Juni 2021 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Akhir-akhir ini muncul informasi yang beredar di kalangan masyarakat mengenai suntikan vaksin Sinovac yang ketiga atau booster setelah mendapatkan dua dosis.

Informasi yang beredar tentu menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat ditambah lagi dengan adanya sebagian masyarakat yang menginginkan suntikan vaksin Sinovac yang ketiga.

Lalu, apa efek dari mendapatkan suntikan ketiga vaksin Sinovac?

CEO Sinovac mengklaim bahwa 10 hingga 20 kali lipat peningkatan respon antibodi pada hari ke 7 hingga 15 setelah mendapatkan suntikan dosis ketiga vaksin Sinovac.

“Informasi mengenai efek ini hanya berasal dari pernyataan CEO Sinovac, belum ada publikasi ilmiah mengenai hal ini,” jelas dr Adam Prabata, PhD dalam Medical Science di Kobe University pada laman Instagramnya @adamprabata, Kamis (24/6/2021).

Apakah suntikan ketiga vaksin Sinovac benar-benar dibutuhkan, kapan sebaiknya suntikan ketiga vaksin Sinovac diberikan, masih belum diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

“Dikarenakan membutuhkan penelitian lebih lanjut, pemberian dosis ketiga vaksin Sinovac belum direkomendasikan untuk saat ini,’” tambahnya.

Adam juga meminta masyarakat untuk meluruskan informasi yang saat ini beredar di masyarakat mengenai vaksinasi ketiga vaksin Sinovac. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro