Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minimalisir Kontak Langsung, Visa Keluarkan Kartu Visa Contactless

Pembayaran non tunai kini menjadi sebuah tren terbaru di Indonesia, yang membuat Visa bekerjasama dengan Bank Mega merilis kartu contactless.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 24 Juni 2021  |  16:13 WIB
Logo Visa - Istimewa
Logo Visa - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat pandemi, masyarakat Indonesia tumbuh dengan minatnya terhadap metode pembayaran non tunai untuk meminimalisir kontak secara langsung.

Demi mendorong adopsi pembayaran contactless di Indonesia, Visa membuat sebuah kampanye yang berkolaborasi dengan sejumlah bank untuk menghadirkan diskon dan promosi di retailer.

Widyananto Susanto selaku Head of Corporate Communications PT Visa Worldwide Indonesia menjelaskan bahwa berdasarkan Visa Consumer Payment Attitudes Study 2020, pembayaran contactless adalah alasan utama konsumen membawa semakin sedikit uang tunai.

Apalagi di tengah pandemi, pembayaran secara contactless menjadi alasan utama penurunan penggunaan uang tunai.

69% menyatakan lebih banyak melakukan pembayaran secara contactless, 53% menyatakan lebih banyak menggunakan kartu, 52% mengatakan bahwa membawa uang tunai tidak aman karena berpotensi menyebarkan infeksi, dan 42% membawa uang tunai tidak aman karena bisa hilang atau dicuri. Demikian paparannya dalam webinar “Lebih Nyaman Non Tunai dengan Visa Contactless” yang diselenggarakan oleh Visa Indonesia dan Bank Mega pada Kamis, 24 Juni 2021, 

Menurutnya, beberapa manfaat dari pembayaran kartu contactless adalah lebih nyaman, mudah digunakan, merasa aman dari infeksi dan contactless adalah cara pembayaran yang inovatif dan modern.

Pembayaran contactless menjadi cukup popular di kalangan konsumen karena factor keamanan dari penyebaran ifeksi serta kecepatan transaksi jika dibandingkan dengan metode pembayaran yang lain. Peningkatan penggunaan pembayaran contactless pun meningkat akibat pandemi hingga 69%.

Handikin Setiawan, Head of Strategy & Business Planning PT Visa Worlwide Indonesia menyebutkan bahwa tidak perlu takut jika menggunakan kartu Visa Contactless karena jauh lebih aman dan nyaman. Kartu Visa Contactless pun dilindungi dengan 4 komponen untuk keamanan yang berlapis.

Kartu Visa Contactless ini bekerja sama dengan beberapa bank, salah satunya adalah Bank Mega. Direktur Consumer Banking PT Bank Mega Tbk menjelaskan bahwa kartu Visa Contactless dapat didapatkan dengan cara mengunduh aplikasi mobile banking Bank Mega, atau menghubungi call center Bank Mega.

Kartu Visa Contactless dengan Bank Mega memberikan penawaran untuk para nasabahnya dengan memberikan beberapa potongan harga kepada beberapa merchant yang bekerja sama dengan mereka.

Zulia Duharani, Marketing Communication Manager Tous les Jours Indonesia mengatakan dengan adanya kartu Visa Contactless juga memudahkan customer dalam pembayaran karena lebih aman.

Pergeseran kebiasaan berbelanja juga dirasakan oleh seorang Content Creator yaitu  Fellexandro Ruby, ia menyatakan bahwa saat ini lebih sering melakukan transaksi secara online. Walaupun ada juga yang tidak memungkinkan melakukan pembayaran secara online, tapi Ruby mengaku lebih senang melakukan pembayaran secara non tunai dan menggunakan kartu karena membantu membuat pencatatan keuangannya lebih rapih.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

visa non tunai
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top