Kentut yang dikeluarkan dari tubuh memiliki manfaat baik bagi kesehatan pencernaan./ilustrasi
Health

Mengejutkan, 7 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Tubuh

Lukman Nur Hakim
Jumat, 25 Juni 2021 - 21:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak dari anda semua pasti akan jijik atau aneh ketika mendengar kata kentut. Sebab, kentut sering dikaitkan dengan gas yang keluar dari tubuh dengan bau yang sangat tidak enak untuk dihirup. 

Namun, kentut bukan hanya mengeluarkan gas saja dari dalam tubuh. Tetapi, kentut memiliki manfaat bagi tubuh kita. Dilansir dari Huffpost.com pada Jumat (25/06), ada 7 manfaat dari kentut yang perlu kalian ketahui. Berikut 7 manfaat tersebut:

1. Mengurangi perut kembung

Bagi kebanyakan orang, kembung adalah perasaan bengkak di tubuh dan penambahan berat badan sementara yang tidak berbahaya, tetapi mungkin membuat jeans baru itu sedikit lebih ketat. Kembung terjadi karena gas yang berada di makanan terlalu banyak masuk ke tubuh. 

Dengan mengeluarkan gas tersebut lewat kentut, tubuh kita akan merasa lebih lega dan kembung di perut akan menyusut dengan perlahan.

2. Baik untuk kesehatan usus besar

Mengeluarkan gas di dalam tubuh melalui kentut juga akan menjaga kesehatan dari Usus Besar kalian. Sebab dengan menahan kentut  Anda berpotensi dapat menyebabkan masalah medis untuk usus besar Anda.

3. Peringatan dini untuk tubuh 

Kentut juga bisa menjadi peringatan dini untuk tubuh kita apakah sedang dalam keadaan baik atau tidak. Sebab, Bau yang ekstrim, peningkatan frekuensi gas, dan rasa sakit gas yang aneh dapat mengingatkan Anda pada kondisi ringan seperti intoleransi laktosa, dan ekstrim seperti kanker usus besar.

4. Baunya baik untuk tubuh kita

Memang terdengar aneh, namun penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang kita hasilkan dalam jumlah kecil dalam gas kita, hidrogen sulfida, sebenarnya dapat melindungi kita dari penyakit di kemudian hari.

Gas ini adalah bau "telur busuk" yang sering ada dalam gas pencernaan, dan beracun dalam dosis besar, tetapi dalam dosis kecil dapat mencegah kerusakan sel dan mencegah stroke dan serangan jantung.

manfaat kentut bagi kesehatan
manfaat kentut bagi kesehatan

5. Dapat membantu diet

Dengan kentut, anda bisa mengetahui makanan apa yang cocok untuk menyeimbangkan diet yang sedang anda lakukan. Misalnya, jika Anda jarang mengeluarkan gas, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak serat dan makanan seperti lentil, kacang-kacangan, dan kangkung dalam makanan Anda.

Makan terlalu banyak daging merah, sementara itu, dapat menghasilkan bau yang sangat tidak enak di kemudian hari, yang memberitahu Anda bahwa Anda mungkin perlu mengurangi konsumsi Anda.

6. Menunjukan bakteri di Usus Anda sehat

Memang terdengar aneh, tapi orang sering kentut cenderung memiliki tubuh yang ramping dan sehat. Dengan kata lain, harga yang Anda bayar untuk kesehatan keseluruhan yang lebih baik mungkin adalah sistem pencernaan yang sedikit lebih bau.

7. Membuat lega

Jelas, menahan sesuatu memang tidak enak apalagi menahan perasaan. Kentut pun juga sama, menahan kentut membuat kita menjadi tidak nyaman dan kadang menjadi pemarah. Dengan mengeluarkan kentut membuat kita menjadi lega dan merasa nyaman dalam menjalani kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro