Pilek/nrp.org
Health

Ini Ciri-ciri Gejala Covid-19 Varian Delta

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Juni 2021 - 16:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak awal pandemi coronavirus, tanda-tanda covid-19 berupa demam, batuk, atau kehilangan penciuman.

Tapi, data terbaru di Inggris menyebutkan jika saat ini sakit kepala dan pilek menjadi gejala COVID-19 yang paling banyak dilaporkan, terutama pada orang muda.

Data baru dari aplikasi pelacak gejala di Inggris menunjukkan infeksi COVID-19 sekarang mungkin mulai "lebih seperti pilek", dengan sakit kepala dan pilek di antara gejala yang paling sering dilaporkan pada orang yang lebih muda.

Data baru membuat para ahli khawatir tentang risiko gejala COVID yang diabaikan sebagai flu biasa, terutama saat musim dingin melanda Australia dan ada wabah baru-baru ini yang disebabkan oleh varian Delta.

Dokter penyakit menular Australia Sanjaya Senanayake mengatakan data Inggris harus menjadi pengingat penting bagi orang untuk dites, tidak peduli seberapa ringan gejalanya. "Sangat penting bagi kami untuk pulang jika Anda memiliki gejala, silakan dites." katanya dilansir dari ABC.

Temuan Inggris berasal dari studi Gejala COVID ZOE berbasis aplikasi, yang telah digunakan oleh lebih dari empat juta orang sejak Maret 2020 untuk melacak gejala dan penyebaran COVID-19.

Peneliti utama studi Tim Spector mengatakan gejala yang paling sering dilaporkan telah berubah dalam beberapa bulan terakhir karena varian Delta menjadi strain dominan di Inggris.

"Sejak awal Mei kami telah melihat gejala teratas di semua pengguna aplikasi, dan mereka tidak sama seperti sebelumnya," Profesor Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London, mengatakan dalam sebuah video. perbarui bulan ini.

Data menunjukkan gejala utama yang dilaporkan oleh orang di bawah 40 tahun adalah sakit kepala, diikuti oleh sakit tenggorokan, pilek, dan demam.

Batuk sekarang hanya gejala paling umum kelima, dan kehilangan penciuman tidak lagi memecahkan 10 besar.

"Ini berarti orang mungkin mengira mereka baru saja terkena flu musiman, dan mereka masih pergi ke pesta dan mereka mungkin menyebarkan [COVID-19] ke enam orang lainnya," kata Profesor Spector.

Apa yang menyebabkan perubahan gejala?

Di Inggris, varian Delta sekarang menyumbang lebih dari 90 persen dari kasus COVID-19, menurut Public Health England.

Namun dia mengatakan perubahan gejala yang dilaporkan kemungkinan didorong oleh pergeseran demografi orang yang sakit.

Di Inggris, sebagian besar penduduk lanjut usia sekarang telah divaksinasi lengkap, tetapi banyak orang yang lebih muda hanya divaksinasi sebagian atau tidak divaksinasi.

Data terbaru menunjukkan jumlah kasus di Inggris meningkat paling cepat di antara orang berusia 18 hingga 34 tahun, yang menurut ahli epidemiologi Catherine Bennett kemungkinan akan memengaruhi jenis gejala yang dilaporkan.

"Memang benar bahwa tidak hanya keparahan gejala, tetapi mungkin sifat gejala bervariasi antar kelompok usia," kata Profesor Bennett, ketua epidemiologi di Universitas Deakin.

"Karena sebagian besar kasus sekarang hampir semua orang di bawah 40, Anda tidak melihat beberapa gejala pneumonia yang lebih khas yang kita lihat di gelombang pertama."

Profesor Bennett mengatakan sulit untuk mengukur sejauh mana gejala COVID telah berubah dengan varian yang berbeda karena profil keseluruhan orang yang sakit telah berubah sejak vaksin diluncurkan.

Ahli epidemiologi Michael Toole setuju bahwa demografi mungkin memainkan peran kunci dalam berbagai gejala COVID yang dilaporkan, dan mengatakan orang muda cenderung mengalami bentuk COVID-19 yang lebih ringan.

Tetapi Profesor Bennett mengatakan ada beberapa perubahan pada data gejala, seperti lebih sedikit orang yang melaporkan kehilangan penciuman, yang kemungkinan besar merupakan cerminan dari varian itu sendiri.

"Jika itu hilang, itu salah satu keunggulan yang tidak bisa diandalkan lagi. Itu akan menjadi fitur varian," katanya.

Mengapa COVID-19 menyebabkan beberapa orang kehilangan indra penciuman masih menjadi subjek penelitian, kata Profesor Toole.

"Beberapa orang berpikir virus mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk bau, yang lain berpikir itu lebih merupakan reaksi lokal di hidung. Kami tidak yakin."

Satu studi, katanya, menemukan varian Delta mengurangi kemampuan tubuh untuk memproduksi interferon - sekelompok protein yang dilepaskan oleh sel sebagai respons defensif terhadap virus.

"Itu mungkin mempengaruhi bagian saluran pernapasan yang berbeda, jadi mungkin sekarang [virus] mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas daripada paru-paru."

Dr Senanayake mengatakan mungkin juga ada kecenderungan penyakit yang lebih ringan pada beberapa varian COVID-19 yang lebih baru karena tekanan evolusioner pada virus untuk bertahan hidup.

"Virus itu tidak selalu ingin membunuh inangnya. Ia ingin dapat menginfeksi kita dan terus bereplikasi," kata Dr Senanayake, dari Australian National University.

"Itu bisa menjelaskan beberapa modifikasi gejala yang kita lihat dengan strain Delta."

"Banyak orang sekarang menyadari gejala 'tiga klasik' COVID-19: batuk, demam, dan kehilangan penciuman. Tetapi ada tanda-tanda yang kurang jelas yang harus diwaspadai," katanya.

"Studi ZOE COVID telah menunjukkan bahwa setidaknya ada 20 gejala COVID, termasuk kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, ruam kulit dan banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro