Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Sederhana Atasi Cemas dan Stres Kerja

Dalam banyak kasus, kecemasan seperti itu dapat dengan mudah diatasi tanpa perlu berkonsultasi dengan terapis yang mahal.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 19 Juli 2021  |  10:55 WIB
Stres banyak kerja. Karena jika Anda memaksa tubuh untuk bekerja hingga lebih dari 55 jam selama sepekan, risikonya dapat merusak dan berlaku untuk jangka panjang.  - Repro
Stres banyak kerja. Karena jika Anda memaksa tubuh untuk bekerja hingga lebih dari 55 jam selama sepekan, risikonya dapat merusak dan berlaku untuk jangka panjang. - Repro

Bisnis.com, JAKARTA – Persaingan di dunia bisnis semakin meningkat, tidak diragukan lagi banyak yang alami kecemasan di tempat kerja. Belum lagi tuntutan dari perusahaan yang harus dipenuhi dari prestasi karyawan.

Dalam banyak kasus, kecemasan seperti itu dapat dengan mudah diatasi tanpa perlu berkonsultasi dengan terapis yang mahal.

Dilansir dari herworld, Senin (19/7/2021) berikut tips sederhana atasi kecemasan dan stres kerja :

1. Meditasi

Pemanfaatan penuh fungsi kognitif dengan kekuatan penuh dapat menjadi salah satu alasan kecemasan di tempat kerja. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk tetap kuat secara mental setiap saat. Kekuatan intelektual perlu bekerja dengan banyak akal, kreatif, dan efisien untuk mendukung Anda dalam perluasan karier yang sukses.

Praktik untuk mengatasi jenis kecemasan di tempat kerja ini termasuk meditasi, pewarnaan, dan aktivasi imajinasi.
Meditasi sangat membantu untuk meningkatkan konsentrasi selama bekerja. Steve Jobs mengadopsi strategi ini untuk semua alasan yang tepat. Sebuah analisis 2011 mengungkapkan bahwa bermeditasi secara teratur selama periode delapan minggu memiliki dampak yang kuat pada kesejahteraan mental seseorang.

Analisis ini didukung oleh pengamatan materi abu-abu yang diaktifkan di area otak yang mengontrol memori dan ketajaman. Meditasi melibatkan menutup mata Anda dan bernapas masuk dan keluar sambil sangat fokus pada setiap napas. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan video profesional tentang meditasi di situs atau aplikasi yang kini banyak tersedia.

2. Mewarnai

Apakah Anda pikir terlalu dewasa untuk mewarnai? Kini sudah banyak buku mewarnai untuk orang dewasa. Faktanya, buku-buku ini menghasilkan penjualan yang lebih tinggi daripada yang pernah dibayangkan. Meremajakan diri Anda dari kecemasan intelektual Anda di tempat kerja dengan menggunakan buku mewarnai dewasa.

Mewarnai telah terbukti meningkatkan konsentrasi dan akurasi karyawan karena fokus pada pola gambar dan pemandangan yang rumit membutuhkan banyak perhatian. Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk membeli buku mewarnai, cari di internet untuk garis besar gambar yang dapat diunduh.

Mempraktikkan teknik aktivasi imajinasi sangat membantu bagi individu yang mengalami hambatan pikiran apa pun. Kapan pun Anda merasa pikiran Anda kosong atau tidak menghasilkan ide-ide inovatif, cobalah teknik ini.

Yang diperlukan hanyalah tempat yang nyaman dan imajinasi yang dapat berjalan liar dalam parameter yang Anda tetapkan.

Kecemasan emosional di tempat kerja bisa sangat mengganggu bagi seorang karyawan. Apakah emosi ini dipicu oleh situasi di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi seseorang, mereka perlu segera dikelola demi kesuksesan karier Anda.

3. Latih pernapasan

Cara lain untuk mengatasi kecemasan emosional adalah dengan pernapasan Pranayama. Salah satu teknik ini adalah menutup salah satu lubang hidung dengan jari Anda dan menarik napas dengan lubang hidung yang lain. Ulangi latihan dengan lubang hidung lainnya.

Ketika tubuh Anda menjadi sangat panas dalam situasi marah, Anda dapat menggunakan teknik pernapasan pendinginan. Teknik ini melibatkan pernapasan beberapa kali melalui mulut Anda seolah-olah Anda sedang menyeruput minuman dingin melalui sedotan.

Apakah rutinitas kerja Anda melibatkan terus-menerus berdiri atau duduk, itu dapat menyebabkan Anda beberapa kecemasan fisik. Tubuh manusia tidak dirancang untuk melakukan terlalu banyak aktivitas tertentu secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Otot dapat berkontraksi dan terdeoksigenasi, menyebabkan rasa sakit dan kelelahan.

Untuk mengatasi ketegangan otot, Anda disarankan untuk sering berlatih pernapasan santai di sela-sela waktu kerja. Berjalan-jalan dan lakukan peregangan setiap beberapa jam. Anda dapat dengan mudah berjalan-jalan sambil berbicara di ponsel atau telepon nirkabel Anda.

4. Ciptakan suasana kerja menyenangkan

Cara paling sederhana untuk bangkit kembali dari kecemasan adalah dengan menciptakan suasana yang menenangkan di tempat kerja. Anda harus fokus untuk menciptakan lingkungan yang indah. Pastikan ruangan mendapat pencahayaan lembut dan hangat. Atur objek di sekitar Anda pada berbagai rentang sehingga mata dapat bergantian antara tampilan close-up layar komputer dan titik fokus yang lebih jauh.

Mengambil semua langkah ini akan melepaskan sebagian tekanan di kepala Anda, terutama pada mata dan otak Anda. Putar beberapa musik lembut agar dapat dengan cepat membantu Anda melupakan masalah.

Atur meja atau tempat kerja Anda untuk memberi kesan bahwa kehidupan kerja tidak seramai yang sebenarnya. Pada saat yang sama, Anda akan mendapatkan sedikit aktivitas fisik dengan bergerak menata menja kerja.

Kecemasan sosial di tempat kerja terungkap dalam perasaan tegang saat berinteraksi dengan rekan kerja Anda. Cara sederhana untuk mulai bangkit kembali dari dilema tempat kerja ini adalah dengan makan siang di luar kantor bersama rekan kerja. Atau, jika Anda penggemar makanan buatan sendiri, bawalah makanan Anda dan bagikan dengan rekan kerja.

Makanan membersihkan jiwa dan menyatukan orang. Kecemasan sosial juga dapat diatasi dengan berolahraga di gym atau pusat olahraga terdekat. Anda bahkan mungkin cukup beruntung memiliki akses yang disponsori perusahaan ke fasilitas latihan yang diselenggarakan oleh majikan Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres cemas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top