Ilustrasi/Padimobi
Relationship

8 Tips agar dapat Jatuh Cinta pada Diri Sendiri

Anissa Putri
Kamis, 22 Juli 2021 - 18:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak ada hubungan yang lebih penting daripada hubungan yang dimiliki dengan diri sendiri. Kebanyakan orang berjuang untuk dapat mencintai orang lain dan beranggapan mencintai  diri sendiri merupakan hal yang tidak wajar atau tidak ada gunanya. 

Tetapi, mencintai diri sendiri adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menginvestasikan waktu Anda. Mencintai diri sendiri lebih mengarah kepada meningkatkan kepercayaan diri, lebih banyak kesuksesan, dan lebih banyak kebahagiaan. 

Melansir dari Bolde.com, berikut ini adalah cara untuk dapat mencintai diri sendiri:

  1. Tetap Fokus dalam Daftar Pencapaian Anda

Lebih mudah untuk mencintai diri sendiri ketika Anda memiliki bukti bahwa Anda adalah sosok yang luar biasa. Bukan berarti Anda perlu memiliki daftar pencapaian nyata yang mengesankan agar dapat dicintai. Catatlah apapun yang telah Anda capai dalam hidup. Lihatlah daftar itu sekali sehari sampai Anda memahami betapa hebatnya Anda sebenarnya.

  1. Ingat Kekuatan yang ada di Diri Anda

Di samping daftar pencapaian Anda, simpan daftar kekuatan yang Anda miliki. Pikirkan semuanya, mungkin Anda seorang pendengar yang baik, pandai berhitung, atau bisa membuat orang tertawa. Jika Anda tidak tahu apa kekuatan Anda, ada banyak tes online yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apa kekuatan dan kelebihan yang ada di diri Anda. 

  1. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Anda

Menjaga kesehatan mental dan fisik Anda adalah bagian besar dari mencintai diri sendiri. Perawatan diri tidak hanya akan mengingatkan Anda bahwa Anda pantas mendapatkan cinta, tetapi Anda akan menyadari betapa menyenangkan rasanya merawat diri sendiri.

Sambil menjaga kesehatan fisik Anda termasuk makan makanan bergizi, cukup berolahraga, dan cukup istirahat, perawatan diri pada tingkat mental mungkin termasuk sesi meditasi teratur, menulis di buku harian, atau berbicara dengan terapis.

  1. Membela Diri Sendiri

Orang yang mencintai dirinya sendiri cenderung membela diri. Mereka menetapkan batasan dan menuntut rasa hormat, seperti yang mereka lakukan untuk sahabat mereka. Membela diri sendiri ketika orang mencoba untuk meruntuhkan Anda adalah tindakan yang jelas dari mencintai diri sendiri. Ini memperkuat bahwa Anda layak dicintai, yang akan membantu Anda untuk benar-benar mulai merasakan cinta itu secara nyata.

  1. Ubah Cara Anda Berbicara Pada Diri Sendiri

Jika Anda akan jatuh cinta pada diri sendiri, Anda harus mengubah cara Anda berbicara kepada diri sendiri. Banyak dari kita tidak menyadari telah melakukan self-talk negatif. Mulailah dengan memperhatikan semua yang Anda katakan pada diri sendiri. Meskipun Anda tidak dapat menghentikan pikiran negatif yang telah mengalir, itu adalah pilihan Anda apakah Anda menganggapnya serius atau tidak.

  1. Jaga Hubungan dengan Orang Lain agar Selalu Sehat

Jauh lebih mudah untuk mencintai diri sendiri ketika Anda bergaul dengan orang yang membuat Anda merasa dicintai. Teman-teman Anda harus menjadi pendukung terbesar Anda, dan cinta yang mengalir dari mereka secara alami akan datang kepada Anda. Semakin banyak Anda bersosialisasi dengan orang-orang yang menghargai Anda, semakin Anda akan menghargai diri sendiri.

  1. Maafkan Kesalahan yang telah Anda Lakukan

Kesalahan yang kita buat sepanjang hidup kita adalah murni akibat dari kondisi manusiawi kita. Jika Anda telah membuat beberapa kesalahan besar, berusahalah untuk memaafkan diri sendiri. Ingatlah bahwa Anda berubah dan berkembang sepanjang waktu. Kesalahan yang Anda buat di masa lalu belum tentu mencerminkan siapa diri Anda sekarang.

  1. Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Teman Anda.

Cobalah untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain dan ingatlah bahwa setiap orang sedang dalam perjalanannya sendiri. Ini juga membantu untuk mengingat bahwa sebagian besar dari apa yang orang tunjukkan kepada Anda di media sosial bukan hal nyata dan terkesan palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anissa Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro