Ilustrasi Norovirus/Times of India
Health

Cara Membedakan Gejala Norovirus dengan Covid-19, Serupa Tapi Tak Sama

Anissa Putri
Jumat, 23 Juli 2021 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, sebuah virus baru hadir bernama Norovirus yang mendatangkan malapetaka dalam kehidupan masyarakat. Sebanyak 154 kasus Norovirus telah dilaporkan di Inggris. Begini cara membedakan gejala Norovirus dengan Covid-19.

Norovirus menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan diare parah dan muntah. Ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dan dari permukaan yang telah terkontaminasi. Kasus infeksi Norovirus di Inggris telah meningkat 3 kali lipat dalam 5 hari terakhir. Hal ini tak pelak menjadi perhatian para ahli.

Banyak yang belum mengetahui, apa sebenarnya Norovirus? Apa bedanya dengan virus Covid-19? Ada banyaknya gejala umum, membuat orang bingung membedakan antara Norovirus dan Covid-19.

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, Norovirus dapat menyebabkan dehidrasi ekstrim dan harus dideteksi dan diobati tepat waktu untuk menghindari komplikasi serius. 

Berikut gejala umum seseorang terjangkit Norovirus:

• Mual tiba-tiba

• Suhu tubuh tinggi

• Sakit perut

• Terdapat anggota badan yang terasa sakit

• Muntah dan diare terus menerus.

Masalah yang muncul adalah orang yang terinfeksi Covid-19 juga dapat memiliki gejala serupa seperti Norovirus, diantaranya demam, sakit kepala, mual, muntah, dan diare. 

Hal ini dapat membuat sulit untuk membedakan antara keduanya. Namun, Norovirus sebagian besar menyebabkan infeksi pada orang dewasa.

Untuk membedakan kedua infeksi tersebut, sebaiknya waspadai gejala saluran pernapasan atas seperti kehilangan penciuman dan pengecapan, yang hanya merupakan gejala dari virus Covid-19. 

Pasalnya, Covid-19 cenderung memiliki lebih banyak gejala saluran pernapasan atas seperti batuk dan kehilangan penciuman dan perasa, serta kemungkinan akan menyebabkan nyeri dada.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Norovirus dapat menyebar dalam tiga cara:

• Bersentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi

• Mengonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi

• Menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan memasukkan tangan yang belum dicuci ke dalam mulut atau hidung

Infeksi Norovirus dapat menyebabkan peradangan pada usus lambung, yang disebut gastroenteritis. Sementara seseorang yang terinfeksi Norovirus dapat melepaskan jutaan partikel virus, hanya beberapa dari mereka yang dapat membuat orang lain sakit.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menemui dokter segera jika Anda mengalami beberapa gejala umum infeksi. Jika itu Norovirus, pastikan untuk tetap terhidrasi karena dehidrasi adalah ancaman nyata dalam hal infeksi Norovirus. Seseorang biasanya mengalami gejala 12-48 jam setelah terpapar Norovirus dan membaik dalam 1-3 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro