Norovirus
Health

6 Tanda Terinfeksi Norovirus dan Cara Setop Penyebarannya

Robby Fathan
Senin, 11 April 2022 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ahli memperingatkan enam gejala yang harus diwaspadai di tengah meningkatnya kasus norovirus, yang secara luas dikenal sebagai 'kutu muntah musim dingin'.

Menurut NHS (National Health Service) Norovirus adalah serangga perut yang menyebabkan muntah dan diare, ini dapat menyebar dengan sangat mudah, termasuk melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, menyentuh permukaan atau benda yang terkena virus sebelum menyentuh mulut Anda, dan makan makanan yang disiapkan atau ditangani oleh seseorang dengan norovirus.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) adalah badan pemerintah yang memantau wabah virus. Dikatakan wabah meningkat ketika orang-orang "mulai lebih banyak campur aduk" sejak pembatasan pandemi dibatalkan. Antara 7 dan 20 Maret, laporan wabah norovirus dan rotavirus melebihi (ditambah 2%) "rata-rata lima musim pada periode yang sama sebelum munculnya Covid-19".

Wabah tinggi dalam pengaturan pendidikan, meningkat dalam pengaturan perawatan dan "terutama lebih rendah" daripada rata-rata lima tahun pra-covid di rumah sakit, menurut buletin mingguan terbaru dari UKHSA. Badan tersebut sebelumnya memperingatkan mungkin ada peningkatan "tidak biasa atau di luar musim" dari 'serangga muntah musim dingin' dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut UKHSA dan NHS, enam gejala utama norovirus, yang biasanya dimulai dalam dua hari setelah infeksi, adalah:

·  Merasa sakit (mual)

·  Muntah

·  Diare

·  Suhu tinggi

·  Sakit kepala

·  Lengan, kaki, atau perut yang sakit

Profesor Saheer Gharbia dari direktorat patogen gastrointestinal dan keamanan pangan UKHSA, mengatakan: "Norovirus, umumnya dikenal sebagai serangga muntah musim dingin, telah berada pada tingkat yang lebih rendah dari biasanya selama pandemi tetapi ketika orang-orang mulai bercampur, jumlah wabah telah meningkat. mulai meningkat lagi.Gejalanya meliputi mual yang tiba-tiba, muntah proyektil dan diare, tetapi bisa juga termasuk suhu tinggi, sakit perut, dan anggota badan yang sakit.

Bagaimana menghentikan penyebaran norovirus

Penyakit yang disebabkan oleh norovirus biasanya hilang dalam waktu kira-kira dua hari, tetapi "bisa sangat tidak menyenangkan" selama berlangsung, kata situs web NHS. Profesor Gharbia mengatakan: "Tetap di rumah jika Anda mengalami gejala norovirus dan tidak kembali bekerja atau mengirim anak-anak ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejala hilang.

"Harap hindari mengunjungi kerabat lanjut usia jika Anda tidak sehat - terutama jika mereka berada di panti jompo atau rumah sakit. Seperti halnya Covid-19 dan penyakit menular lainnya, mencuci tangan sangat penting untuk membantu menghentikan penyebaran penyakit ini, tetapi ingat, tidak seperti untuk Covid-19, gel alkohol tidak membunuh norovirus jadi sabun dan air adalah yang terbaik."

UKHSA menyarankan cara lain untuk membantu mengurangi penyebarannya, termasuk:

·  Tetap di rumah sampai 48 jam setelah gejala norovirus Anda hilang

·   Gunakan pembersih rumah tangga berbahan dasar pemutih, atau campuran pemutih dan air panas, untuk mendisinfeksi permukaan dan benda rumah tangga yang berpotensi terkontaminasi, terutama setelah orang yang terinfeksi muntah

·  Hindari memasak dan menyiapkan makanan untuk orang lain sampai 48 jam setelah gejala berhenti

·  Cuci pakaian atau tempat tidur yang terkontaminasi menggunakan deterjen pada suhu 60°C, dan kenakan sarung tangan sekali pakai saat menangani barang yang terkontaminasi, jika memungkinkan

Kapan harus periksa ke medis?

NHS mengatakan Anda harus mencari saran dari 111 jika:

·  Anda khawatir tentang bayi di bawah 12 bulan

·  Anak Anda menghentikan pemberian ASI atau susu botol saat mereka sakit

· Seorang anak di bawah 5 tahun memiliki tanda-tanda dehidrasi – seperti lebih sedikit popok basah

· Anda atau anak Anda (di atas 5 tahun) masih mengalami tanda-tanda dehidrasi setelah menggunakan sachet rehidrasi oral

· Anda atau anak Anda terus sakit dan tidak bisa menahan cairan

· Anda atau anak Anda mengalami diare berdarah atau berdarah dari bawah

· Anda atau anak Anda mengalami diare lebih dari 7 hari atau muntah lebih dari 2 hari

·  Muntah darah atau muntah yang terlihat seperti kopi bubuk

·  Muntah hijau atau kuning-hijau

·  Mungkin telah menelan sesuatu yang beracun

·  Memiliki leher kaku dan nyeri saat melihat cahaya terang

· Tiba-tiba, sakit kepala parah atau sakit perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro