Ilustrasi/91engagement
Relationship

10 Rahasia Mencapai Bahagia Tanpa Bergantung Uang

Ni Luh Anggela
Jumat, 30 Juli 2021 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sementara beberapa orang bahagia melihat sisi cerah kehidupan, tidak peduli dengan apapun yang mereka hadapi, yang lain berjuang dalam mengejar kebahagiaan.
 
Clare Mann, seorang psikolog mengatakan Anda tidak perlu mengejar kebahagiaan, tetapi mengubah cara Anda memandang hidup.
 
Besar atau kecil, perubahan itu sendiri sepenuhnya terserah Anda – ini adalah tindakan aktual untuk keluar dari zona nyaman Anda sesekali yang memperluas kapasitas Anda untuk kesenangan dan perasaan bahagia.
 
Clare membagikan 10 rahasia orang bahagia, yang bisa Anda praktikan juga, melansir Women’s Weekly, Jumat (30/7/2021).
 
1. Keluar dari zona nyaman Anda

“Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti berdiri dan berbicara di depan klub buku Anda atau mengangkat tangan Anda untuk peran sukarelawan di komite penggalangan dana lokal Anda,” jelas Clare.
 
Meskipun Anda mungkin merasa gugup pada awalnya, mungkin ada rasa bangga yang besar yang datang dari merangkul hal yang tidak diketahui, yang tidak Anda miliki sebelumnya.
 
Tidak hanya itu akan membuat Anda merasa lebih hidup berkat lonjakan adrenalin dan hormon perasaan baik, tetapi Anda juga akan merasa lebih mudah untuk melampaui batas Anda di masa depan.
 
2. Investasikan dalam pengalaman, bukan barang

Daripada menghabiskan uang untuk membeli iPhone terbaru atau tas tangan trendi, Anda akan merasakan kebahagiaan yang lebih besar jika menghabiskan uang untuk pengalaman yang tak terlupakan – seperti mentraktir teman terbaik Anda dengan acara minum teh yang mewah.
 
3. Lepaskan hubungan beracun

Persahabatan adalah unsur penting untuk kebahagiaan dan sering membantu saat merasa lebih baik – tetapi tidak selalu. Terkadang kita bisa terjebak dalam hubungan yang tidak sehat karena sudah akrab. Namun, aliansi yang tidak seimbang jarang berhasil dan sering kali mengakibatkan seseorang terus-menerus dikecewakan. Jika Anda yang melakukan semua pekerjaan, Clare mengatakan inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali hubungan Anda.
 
"Apa yang Anda dapatkan dari pertemanan Anda pada akhirnya memengaruhi kesehatan fisik dan emosional Anda, karena itu perlu memusatkan perhatian Anda pada penguatan hubungan yang sehat dan melepaskan teman-teman yang beracun," sarannya.
 
4. Menumbuhkan pola pikir positif

Melepaskan penyesalan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi, seperti yang dijelaskan Clare, menderita karena hal-hal yang tidak dapat Anda ubah tidak akan menyelesaikan apa pun – itu hanya membuat Anda merasa lebih buruk.
 
"Anda hanya perlu memikirkan apa yang membuat Anda kesal pada awalnya dan semua pikiran negatif awal itu mulai kembali - sering disertai dengan lonjakan hormon stres kortisol," jelasnya. “Sebaliknya, fokuslah pada bagaimana Anda dapat bergerak maju secara positif dan mulai mengambil langkah-langkah itu.”
 
5. Berhentilah menjadi orang yang menyenangkan sekarang

Mengubah aspek kepribadian Anda untuk menyenangkan orang lain atau mencegah mereka dari kekecewaan hanya dapat menyebabkan satu tempat – ketidakbahagiaan.
 
Daripada mencari persetujuan atau validasi orang lain dengan berpura-pura menjadi sesuatu atau bukan diri Anda, lebih baik menjadi diri sendiri dan biarkan perilaku alami Anda mengalir.
 
Menurut peneliti dari Claremont Graduate University di AS, ini sebenarnya meningkatkan jumlah hormon oksitosin di otak, secara alami meningkatkan kebahagiaan Anda.
 
6. Perbaikan instan dan cepat untuk suasana hati yang lebih bahagia

Pasang wajah bahagia. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science  menemukan bahwa ketika Anda merasa stres atau sedih, hanya tersenyum dan terlihat ceria dapat menurunkan tingkat stres Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia.
 
7. Berikan pujian

Memberi Lebih baik daripada menerima.
 
 “Ketika Anda memberikan pujian kepada seseorang, Anda tidak hanya akan membuat hari mereka lebih baik, tetapi Anda juga akan berbagi kebahagiaan mereka karena kebahagiaan itu menular,” kata Clare.
 
8. Hitung berkat Anda

Orang yang melakukan latihan rasa syukur setiap hari, seperti menuliskan tiga hal yang berjalan dengan baik hari itu, mengalami tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan lebih optimis, sebuah studi dari University of California menemukan.
 
9. Berbuat kebaikan tanpa rencana

Tindakan kebaikan secara acak bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, ungkap peneliti dari Stanford University di AS.
 
10. Memelihara hewan peliharaan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Hormones And Behavior menemukan bahwa berinteraksi dengan anjing Anda dan menatap matanya selama 30 menit secara signifikan meningkatkan produksi hormon bahagia oksitosin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro