Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makin Canggih! Smartwatch Kini Bisa Deteksi Kesehatan Jantung

Selain mendeteksi langkah kaki, ada juga brand smartwatch yang bisa digunakan sebagai pengganti EKG untuk memonitor kondisi jantung, yang umumnya hanya bisa ditemukan di rumah sakit.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 31 Juli 2021  |  13:46 WIB
Makin Canggih! Smartwatch Kini Bisa Deteksi Kesehatan Jantung
Samsung Galaxy Watch - Bisnis/Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan kemajuan teknologi, jam tangan kini berubah menjadi smartwatch yang tidak hanya bermanfaat sebagai penunjuk waktu saja tetapi juga mampu memberikan informasi menyeluruh mengenai kondisi tubuh.

Apalagi saat ini sudah ada banyak merk teknologi yang menghadirkan berbagai jenis smartwatch dengan kelebihannya masing-masing. Bahkan banyak yang memiliki berbagi fitur yang makin canggih.

Selain mendeteksi langkah kaki, ada juga brand smartwatch yang bisa digunakan sebagai pengganti Elektrokardiogram atau EKG, yakni tes untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Umumnya EKG menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik (elektrokardiograf) yang hanya bisa ditemukan di rumah sakit.

Lantas, apa yang menjadi keunggulan fitur EKG pada smartwatch?

1. Bisa Memberikan Informasi Aktivitas Jantung

EKG atau elektrodiagram, merupakan alat tes ukur aktivitas listrik yang ada di jantung. Saat jantung berdetak akan ada gelombang listrik, hingga menyebabkan jantung berkontraksi, lalu memompa darah ke seluruh tubuh.

EKG sendiri mampu mengukur gelombang listrik tersebut dan biasa dijadikan indikator kesehatan. Sama seperti fitur EKG pada umumnya yang ada di rumah sakit, biasanya akan dipasang ketika pasien mengalami penyakit yang harus dipantau detak jantungnya.

Dalam beberapa smartwatch saat ini, sudah mulai menyematkan fitur EKG di dalamnya sehingga dapat memonitor kondisi jantung sebelum melakukan medical check up atau untuk memantau seseorang dengan memiliki penyakit bawaan yang memerlukan monitor jantung.

2. EKG Smartwatch Membantu dalam Situasi Harian

Fitur EKG pada smartwatch memang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan alat kesehatan yang biasa digunakan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Setiap pengguna bisa memantau kondisi jantungnya setiap hari bahkan sebelum melakukan check up rutin ke dokter.

Meski demikian, perlu diingat jika fitur EKG yang disematkan pada smartwatch hanya bersifat sementaa dan untuk memudahkan pengguna memonitor secara harian tidak untuk menggantikan fungsi utama dari EKG yang sebenarnya.

Dengan bentuk yang portable tentu fitur ini memiliki kekurangan tersendiri sehingga jika membutuhkan pertolongan lebih lanjut, bisa melakukan diagnosis melalui tenaga ahli yang lebih professional. Sebab, EKG pada smartwatch hanya bisa membantu dalam situasi yang sifatnya sehari-hari.

3. Jadi Alat Bantu Deteksi Jantung

Memang tidak semua smartwatch memiliki fitur EKG, tetapi ada beberapa brand yang sudah menyematkan teknologi canggih tersebut. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Watch Active 2 sendiri pernah menjadi alat bantu mendeteksi jantung pemeran utama pada drama korea Extraordinary You.

Selain itu, beberapa brand lainnya yang memiliki fitur EKG antara lain Apple Watch Series 4, Apple Watch Series 5, Apple Watch Series 6, Fitbit Sense, Samsung Galaxy Watch Active 2, dan Samsung Galaxy Watch 3.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengukur kesehatan melalui smartwatch, Eraspace menyediakan promo Improved Productivity selama PPKM yang bisa dipesan melalui whatsapp dan website.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung jam tangan smartwatch
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top