Peternak madu dari Kembang Joyo  tengah mempersiapkan madu pilihan di peternakan milik perusahaan yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Kembang Joyo merupakan produsen produk perlebahan asli Indonesia yang telah berdiri sejak 1998
Health

Laris Diburu! Ini 5 Jenis Madu yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi

Media Digital
Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - Sejak pandemi, banyak masyarakat semakin peduli kesehatan dan giat mengonsumsi ragam vitamin/suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Produk perlebahan seperti madu menjadi salah satu yang paling diburu karena berbagai manfaat yang dimilikinya, termasuk untuk meningkatkan imun serta meminimalisir dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. 

Kembang Joyo, produsen produk perlebahan asli Indonesia telah berdiri sejak tahun 1998 mengatakan bahwa secara umum, terdapat empat produk perlebahan yang banyak diburu selama pandemi. Produk tersebut adalah Madu, Bee Pollen, Propolis, dan Royal Jelly. Di antara empat produk tersebut, madu menempati urutan teratas. 

“Selain memang ada demand, penjualan produk perlebahan kami juga terbantu dengan berbagai strategi pemasaran yang dilakukan. Sebagai contoh, saat ini kami tengah bekerja sama dengan ShopeePay untuk memberikan Cashback 100% dalam kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal yang berlangsung 9-17 Agustus 2021. Kami juga secara serius mengembangkan channel online untuk pengguna yang sedang membatasi aktivitas luar ruang. Untuk channel online, saat ini pengguna dapat menikmati Diskon 60% dengan memesan melalui layanan pesan antar makanan ShopeeFood dan menggunakan metode pembayaran ShopeePay,” kata Dr. Hj. Dewi Masyithoh, SP., M.Pt., Owner & Komisaris Kembang Joyo Group.

Di antara banyaknya jenis madu yang ada di pasaran, berikut 5 Jenis Madu yang paling banyak dicari selama pandemi berdasarkan data internal Kembang Joyo.

COMB HONEY

Laris Diburu! Ini 5 Jenis Madu yang Paling Banyak Dicari  Selama Pandemi

Comb honey atau madu sarang adalah madu yang disajikan bersama-sama sarang lebahnya. Penyajian madu dalam sarang untuk memanjakan konsumen yang menyukai nilai estetik produk perlebahan dan menikmati sensasi mengambil madu langsung dari sarangnya. Sarang madu dibuat sendiri oleh lebah madu dari kelenjar malam di bawah perutnya dan dilapisi dengan propolis yang melindungi madu agar tetap terjaga kualitasnya. Manfaat mengunyah sarang lebah berlapis propolis yang berisi madu ini adalah menambah imunitas tubuh, memberi energi ekstra, meringankan hidung tersumbat, pilek dan flu, sinusitis dan radang selaput hidung.

MADU MULTIFLORA

Lebah menghasilkan madu multiflora dengan cara mengumpulkan nektar dari berbagai macam tanaman. Seperti kita ketahui madu berasal dari cairan manis yang dikeluarkan tanaman, cairan ini disebut dengan nektar. Nektar tanaman ini juga mengandung molekul bioaktif utama yaitu Flavonoid dan Polifenol. Molekul bioaktif ini menjadi faktor penanggung jawab utama madu sebagai antioksidan. Masing-masing tanaman menghasilkan nektar yang mengandung molekul bioaktif yang mempunyai keunikan tersendiri. 

Madu multiflora berasal dari beberapa nektar jenis tanaman sehingga tidak diragukan lagi ia mengandung berbagai macam Flavonoid dan Polifenol yang pada akhirnya memberikan manfaat antioksidan bagi tubuh dengan lebih baik. 

MADU KALIANDRA

Madu kaliandra diproduksi oleh lebah madu dengan cara mengumpulkan cairan manis (nektar) yang berasal dari bunga kaliandra merah (Calliandra calothyrsus). Tanaman kaliandra tumbuh subur di daerah pegunungan yang terpencil, jauh dari areal pertanian sehingga menghasilkan madu organik yang bebas dari pestisida. Madu kaliandra terkenal karena mempunyai antioksidan yang tinggi. Kadar senyawa fenolik dalam madu kaliandra sebesar 557,93±13,41 mg GAE/100 g dan total flavonoid sebesar 156,27±5,69 mg QE/100 g (Ustadi, 2017). Kandungan kedua senyawa ini lebih tinggi dibandingkan dengan madu randu dan madu karet. Seperti diketahui senyawa fenolik dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. 

MADU SUPER

Madu super mengandung semua zat esensial yang diperlukan tubuh mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin bahkan enzim dan hormon terdapat dalam madu super. Sebuah produk unggulan dari Kembang Joyo.

Madu super diproduksi dengan cara meramu madu murni dengan Bee Pollen dan Royal Jelly. Kedua produk ini adalah dua permata dari sarang lebah. Bee Pollen menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, ia sangat kaya asam amino essensial. Bee Pollen telah terbukti bermanfaat sebagai anti jamur, antimikroba, antivirus, anti inflamasi, mendorong kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. 

Sedangkan Royal jelly sangat baik dalam mempertahankan kondisi kesehatan tubuh manusia. Hal ini tidak lepas dari sinergi antara berbagai zat yang terikat secara harmonis satu sama lain dan saling memperkuat efeknya. Beberapa manfaat Royal Jelly yang lain adalah melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memulihkan dari kelelahan, menghambat proses penuaan, hingga meningkatkan kesehatan arteri. 

MADU STANDART INTERNATIONAL  (SI)

Madu Standard International
Madu Standard International

Madu Standard Internasional dipanen dari sarang madu yang benar-benar sudah matang, sehingga menghasilkan madu yang memenuhi persyaratan kualitas bagi perdagangan Internasional. Madu yang berkualitas tentu harus memenuhi persyaratan mutu dan memberikan manfaat bagi kesehatan, sebagai contoh kemampuannya menghasilkan enzim pencernaan. 

Selain itu, hal penting yang terdapat pada madu Standard Internasional tingginya kandungan Enzim Diastase. Enzim ini hanya terdapat pada madu yang baru dipanen atau madu murni tanpa pengolahan, sehingga keberadaan enzim diastase dapat dijadikan indikator untuk melihat kemurnian madu. Dengan tingginya kandungan enzim diastase dan beberapa enzim lain seperti invertase dan glukosa oksidase, tidak diragukan lagi madu standard Internasional memberikan manfaat lebih banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Itulah lima jenis madu yang paling banyak dicari selama pandemi. Produk-produk Kembang Joyo sendiri bisa didapatkan di berbagai supermarket, ratusan outlet, hingga secara online di berbagai e-commerce dan layanan pesan antar makanan. 

Kabar baiknya, Kembang Joyo memberikan garansi Rp1 Juta Rupiah apabila produk madu Kembang Joyo terbukti palsu berdasarkan hasil lab. Kamu juga bisa mendapatkan produk-produk Kembang Joyo secara lebih hemat dengan memanfaatkan Cashback 100% dalam kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal yang berlangsung 9-17 Agustus 2021 atau memanfaatkan Diskon 60% dengan memesan melalui layanan pesan antar makanan ShopeeFood dan menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami