Sakit mata cenderung muncul saat sedangWFH/boldsky.com
Health

Sering Diabaikan, Ini 5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Rika Anggraeni
Kamis, 12 Agustus 2021 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di antara kita sering mengabaikan masalah kesehatan mata. Padahal, mata memberikan tanda peringatan tentang apa yang terjadi di dalam tubuh, sebab kesehatan mata berkaitan dengan kesehatan jantung dan hati.

Misalnya, hipertensi dan penyakit kardiovaskular dapat menyebabkan stroke mata. Hal ini disebabkan suplai darah yang tidak mencukupi ke saraf optik yang mengakibatkan hilangnya penglihatan secara tiba-tiba.

Selain itu, hipertensi juga menyebabkan degenerasi makula terkait usia (AMD), yang terjadi pada usia 50–60 tahun. Gejala dari AMD di antaranya kehilangan penglihatan sentral, penglihatan terdistorsi, garis lurus tampak bergelombang, penglihatan kabur, atau kesulitan membaca tulisan halus.

Ditambah lagi dengan situasi pandemi yang mengharuskan melakukan pekerjaan di rumah dengan menghadap layar laptop atau komputer berjam-jam. Anda mungkin saja bisa menderita computer vision syndrome (CVS) akibat terlalu lama menatap layar, gejala ini seperti kelelahan, sakit kepala, penglihatan kabur, mata lelah, mata merah, mata kering, rasa perih pada mata, dan penglihatan ganda.

Maka dari itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Melansir dari Manila Bulletin, Kamis (12/8/2021), lakukan 5 tips sederhana ini untuk menjaga kesehatan mata Anda:

  1. Makan bergizi

Mulailah dengan makan-makanan bergizi yang kaya akan karotenoid, yakni beta-karoten dan lutein. Makanan ini merupakan bahan kimia tanaman yang mencegah sel-sel sehat dari kerusakan oleh radikal bebas.

Anda dapat menemukan karotenoid di sayuran berwarna oranye, kuning, dan merah. Makanan ini seperti wortel, tomat, paprika, semangka, melon, atau ubi jalar dan labu.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau tua seperti kangkung, bayam, dan brokoli yang mengandung beta-karoten. Makan setidaknya tiga porsi sayuran sehari pasti akan memberi Anda penglihatan yang lebih jelas.

  1. Makan makanan yang tinggi omega-3

Asam lemak ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif yang menyebabkan sindrom mata kering dan retinopati diabetik. Selain itu, omega-3 juga dapat membantu menjaga sel-sel di saraf optik tetap utuh.

Anda bisa menemukan makanan yang tinggi omega-3 di produk seperti kenari, kedelai, biji chia, biji rami, mackerel, herring, ikan teri, tuna, salmon, sarden, minyak canola, minyak kedelai, dan gandum tinggi omega-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro