Gandum dan tepung terigu. /Istimewa
Health

Pejuang Diet, Ini 5 Karbohidrat yang Bantu Turunkan Berat Badan

Ni Luh Anggela
Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama bertahun-tahun, Anda telah diberi gagasan bahwa jika Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, itu akan membantu menurunkan berat badan. Tetapi, menghindari karbohidrat sangat sulit. Pada akhirnya membuat Anda kelaparan dan membuat Anda makan makanan yang kurang sehat.
 
Sebagian besar ahli diet dan ahli gizi terakreditasi mengungkapkan bahwa Anda tidak perlu melepaskan karbohidrat untuk menurunkan berat badan.
 
Dr Joanna McMillan, seorang ahli gizi mengatakan, otak kita membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi, dan sementara sayuran dan buah-buahan mengandung banyak karbohidrat yang kita butuhkan, kebanyakan dari kita masih membutuhkan sedikit tambahan karbohidrat dari biji-bijian dan kacang-kacangan.
 
“Bahan gandum dan kacang-kacangan (makanan seperti buncis dan lentil) akan menjadi makanan super yang lebih banyak kita masukkan ke dalam makanan kita.” kata Dr McMillan.
 
Makan jenis makanan ini membuat Anda kenyang lebih lama, yang berarti Anda cenderung tidak mengemil makanan yang tidak sehat dan manis, menggagalkan kemajuan penurunan berat badan Anda. Ditambah lagi, makan biji-bijian memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk meningkatkan kesehatan usus Anda.
 
Tapi tentu saja, tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Ketika Anda berbicara tentang makan karbohidrat, yang dimaksud bukanlah roti putih, pasta, atau makanan manis seperti kue dan biskuit.
 
Melansir First for Women, Kamis (12/8/2021), Dr. McMillan merekomendasikan  lima jenis karbohidrat terbaik yang bisa Anda makan dan tetap menurunkan berat badan, atau mempertahankan gaya hidup sehat:
 
1. Beras Gandum, Beras Merah, atau Beras Hitam

Anda dapat membeli ini dalam paket ramah microwave dari supermarket dan seringkali mengandung campuran biji-bijian, yang sangat bagus untuk variasi.
 
2. Rolled Oat

Buat bubur dengan gandum atau tambahkan beberapa sendok ke dalam smoothie pagi Anda untuk tambahan karbohidrat gandum utuh.
 
3. Sereal Sarapan Gandum

"Tidak ada yang salah dengan sereal sarapan gandum utuh," katanya. “Kami sudah lama merasakan bahwa ini adalah makanan yang diproses dengan sangat baik, tetapi merek telah menempuh perjalanan panjang untuk meningkatkan formula mereka. Cukup periksa bahan-bahannya dengan hati-hati dan pilih opsi gandum utuh, rendah gula.”
 
4. Biji-bijian

“Saya penggemar berat quinoa dan biji-bijian seperti jelai, karena harganya murah dan serbaguna. Gunakan mereka dalam salad untuk dorongan tambahan, ”kata Dr. McMillan.
 
5. Roti Gandum Utuh

“Orang sering berpikir bahwa roti supermarket itu buruk, padahal tidak. Carilah roti gandum, apa pun yang Anda bisa lihat potongan kasar di dalam roti, ”katanya.
 
Sourdough juga merupakan pilihan yang baik karena cenderung mengurangi tingkat GI roti, sehingga lebih mudah dicerna oleh sebagian orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro