Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September. /Bloombergrn
Health

Sinovac akan Ajukan Uji Klinis Vaksin Covid Khusus Varian Delta

Ni Luh Anggela
Senin, 16 Agustus 2021 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran varian Delta yang lebih menular dan mematikan, membuat para pengembang dan ilmuwan vaksin China melakukan uji klinis vaksin khusus untuk varian Delta.

Mereka juga tengah mempersiapkan teknologi baru untuk menghadapi ancaman Covid-19 baru dalam langkah yang mantap dan hati-hati.
 
Sinovac, salah satu pengembang vaksin Covid negara tersebut, berencana untuk menyerahkan materi aplikasi klinis untuk vaksin tidak aktifnya terutama untuk varian Delta kepada pihak berwenang pada musim ketiga tahun ini, Gao Qiang, manajer umum Sinovac Life Sciences Corp yang berbasis di Beijing, mengungkapkan.
 
“Sinovac telah menyelesaikan penelitian praklinis pada varian Delta serta varian Gama, dan akan mengirimkan bahan aplikasi untuk penelitian klinis dalam waktu dekat,” kata Gao dalam wawancara baru-baru ini yang diterbitkan pada hari Minggu (15/8), melansir Global Times, Senin (16/8/2021).
 
Dia mencatat bahwa perlindungan terhadap strain Delta oleh vaksin yang baru diharapkan tidak kurang dari vaksin yang ada, dan itu akan mengambil jalur dua atau tiga tembakan untuk meningkatkan kekebalan.
 
Gao mengungkapkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan R&D harus mengikuti peraturan negara, dan penelitian klinis akan dimulai setelah mendapatkan persetujuan, yang hasilnya akan menentukan apakah vaksin tersebut dapat digunakan di pasar.
 
Tao Lina, seorang ahli vaksin yang berbasis di Shanghai, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu bahwa tahap penelitian klinis untuk vaksin penargetan varian tertentu mungkin lebih pendek daripada tahap yang sama dari vaksin saat ini, dan enam bulan akan lebih dari cukup untuk menyimpulkannya.
 
Gao juga mengatakan perusahaan telah menyelesaikan studi tentang suntikan booster vaksin Covid-19, yang dikenal sebagai CoronaVac, dan inokulasi suntikan ketiga seaman dua yang pertama, yang secara signifikan dapat meningkatkan tingkat antibodi penetralisir dalam waktu seminggu.
 
Dua suntikan vaksin tidak aktif Sinovac saat ini, dilihat dari situasi di wilayah termasuk Provinsi Guangdong Cina Selatan dan Nanjing, Provinsi Jiangsu Cina Timur, masih dapat sangat mengurangi risiko mengembangkan gejala dan penyakit kritis dari infeksi varian Delta.
 
“Para ilmuwan bersama Akademi Ilmu Pengetahuan China diharapkan untuk segera mempublikasikan temuan mereka tentang kemajuan,” kata Gao, menambahkan bahwa penelitian tentang dosis booster dalam imunisasi telah dilakukan di China, Turki, Chili dan negara-negara lain, dan hasilnya akan segera diperoleh.
 
Tetapi Shao Yiming, seorang dokter dan ahli imunologi terkemuka dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC China), mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu bahwa belum ada rencana untuk memberikan suntikan booster untuk semua orang.
Sebagai virus RNA untai tunggal, novel coronavirus sering bermutasi karena karakteristik biologisnya. Penelitian dan pengamatan saat ini menunjukkan bahwa meskipun vaksin saat ini mungkin memiliki efek perlindungan yang berkurang terhadap varian Delta, menurut manajer umum Sinovac , mereka masih memiliki efek pencegahan dan perlindungan yang baik.
 
Sementara itu, Chen Bin, juru bicara komisi kesehatan di Guangzhou, Guangdong,  mengumumkan dalam konferensi pers  pada hari Jumat (13/8) bahwa penduduk dewasa di kota itu dapat mulai membuat reservasi untuk mengambil vaksin sel ovarium hamster China (CHO), atau yang biasa dikenal sebagai vaksin Covid-19 tiga suntikan.
 
Dikembangkan bersama oleh para ahli dari CDC China dan Akademi Ilmu Pengetahuan China, termasuk direktur CDC Gao Fu, tingkat antibodi penetral yang dihasilkan oleh vaksin sebanding dengan vaksin protein rekombinan lainnya dan vaksin mRNA yang saat ini digunakan di seluruh dunia, memenuhi standar internasional yang canggih, menurut sebuah pernyataan oleh CAS pada bulan Maret.
 
Mengutip makalah yang telah dicetak oleh Gao Fu, komisi tersebut mengatakan bahwa vaksin sel CHO dapat mempertahankan efek penetralnya terhadap varian Delta.
 
“Kami telah mengevaluasi efek penetralan serum antibodi yang dipicu oleh vaksin terhadap empat varian yang menjadi perhatian (Alpha, Beta, Gamma dan Delta) dan tiga yang menarik lainnya (Epsilon, Eta dan Kappa). Dengan mensimulasikan partikel virus, ditemukan bahwa serum antibodi mempertahankan sebagian besar aktivitas penetralan terhadap galur mutan ini," tulis makalah tersebut.
 
Pada 22 Februari, badan legislatif Uzbekistan menyetujui Otorisasi Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin di Uzbekistan. Vaksin tersebut disetujui untuk digunakan pada 1 Maret. Uzbekistan menilai vaksin tersebut sebagai salah satu yang paling aman dan paling efektif di dunia.
 
Tao juga menyarankan bahwa vaksin inhalasi yang dikembangkan bersama oleh pengembang vaksin China terkemuka Chen Wei dan perusahaan biotek China, CanSino Biologics Inc, juga akan efektif melawan varian Delta.
 
Dibandingkan dengan suntikan tradisional, yang dihirup dapat bekerja lebih baik untuk mengekang varian yang dua kali lebih menular dari varian sebelumnya pada saluran pernapasan dan sistem lendir, Tao menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro