Serangan jantung mendadak pada usia muda. Gaya hidup sehat bisa mencegah penyakit jantung/ilustrasi
Health

10 Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Rika Anggraeni
Selasa, 17 Agustus 2021 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Naiknya tekanan darah atau kolesterol membuat seseorang harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Penderita serangan jantung dan stroke sering diminta untuk mengubah bahkan merombak kebiasaan buruk.

Beberapa orang yang berhasil mengubah pola olahraga, diet, dan kebiasaan tidak sehat dengan mudah. Namun, ada pula sebagian orang yang telah mencoba membuat perubahan, tetapi tidak berhasil.

Alih-alih melakukan perubahan besar, Anda mungkin dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan serangkaian perubahan kecil. Cara ini mungkin memakan waktu lebih lama, tetapi bisa memotivasi Anda untuk membuat beberapa perubahan besar.

Melansir dari Harvard Health Publishing, Selasa (17/8/2021), berikut ini adalah 10 tips sederhana untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung:

  1. Jalan kaki 10 menit

Jika Anda tidak berolahraga sama sekali, jalan kaki singkat adalah cara yang bagus untuk memulai. Jangan malas untuk memulainya, ini semua demi menjaga kesehatan jantung Anda.

Namun, jika Anda sudah biasa berolahraga, ini adalah cara yang baik untuk menambahkan lebih banyak olahraga ke hari Anda. Lakukan jalan kaki selama 10 menit setiap hari dan Anda akan mendapatkan manfaatnya.

  1. Angkat beban barang

Tips sederhana berikutnya adalah mengangkat beban berat. Anda bisa mengangkat buku hardcover atau beban dua pon dalam beberapa kali sehari.

Hal ini dapat membantu mengencangkan otot lengan Anda. Jika dirasa sudah mudah, beralihlah ke barang yang lebih berat atau ikutilah gym.

  1. Makan satu buah atau sayuran ekstra sehari

Berikutnya jangan sampai terlewatkan, Anda harus rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari.

Buah-buahan dan sayuran tidaklah mahal. Anda dapat mendapatkan nutrisi lebih dari mengonsumsi keduanya. Selain rasanya yang enak dan segar, buah dan sayur bagus untuk segala hal mulai dari otak hingga usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 4 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro