Helikopter ambulan
Health

Ada Layanan Ambulans Helikopter di Bandara Soekarno Hatta

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 22 Agustus 2021 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Whitesky Aviation memperkenalkan layanan baru yakni medical evacuation (medevac) menggunakan helikopter ambulans atau Helimedevac.

CEO Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengatakan mulai bulan ini pihaknya akan mengoperasikan Helimedevac melalui Cengkareng Heliport yang berada di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. Dan penerbangan medevac ini akan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek.

"HeliMedevac di Cengkareng Heliport ini juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya guna mendapatkan penanganan khusus. Sedangkan armada helikopter yang digunakan dalam layanan ini terdiri dari 2 tipe," kata Denon dalam keterangan persnya.

Dia merinci bahwa untuk kedua armada yang digunakan adalah pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429, dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit. Pihaknya juga menyiapkan Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien, sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit.

Denon menambahkan layanan medevac ini diperkuat dengan paramedis profesional. Dan di Cengkareng Heliport, pihaknya juga menyiapkan kendaraan ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit.

“Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke RS. Guna mengetahui mengenai lebih detail mengenai layanan medevac di Cengkareng Heliport ini dapat mengunjungi situs resmi kami yaitu www.whitesky.co.id," katanya.

"Penerbangan medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek," ujar President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Dia mengatakan layanan  ambulans terbang ini bertujuan membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat. 

“Semangat medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter." Sehingga, pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit di Jabodetabek.

Medevac ini, kata Awaluddin, merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. "Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro