Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisakah Covid-19 Menular Melalui Air mata?

Siapapun dapat terinfeksi setelah menyentuh sesuatu dan kemudian menyentuh mata. Coronavirus dapat menyebabkan infeksi mata merah muda (konjungtivitis), tetapi ini jarang terjadi.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  19:12 WIB
Sakit mata - boldsky.com
Sakit mata - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA — Virus Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang menyebar melalui lendir dan tetesan yang dikeluarkan oleh batuk atau bersin.

Namun, ada banyak pertanyaan tentang kemungkinan penyebarannya melalui cairan tubuh seperti keringat, air mata, dan banyak lagi.

Dan baru-baru ini seorang dokter menyatakan jika air mata bisa menjadi media penularan Covid-19.

Dilansir dari indianexpress, Senin(23/8/2021) Dr Sanjith Saseedharan, konsultan dan kepala perawatan kritis di Rumah Sakit SL Raheja, Mahim-A Fortis Associate menyebutkan studi terbaru oleh Government Medical College, Amritsar, jika air mata pasien yang terinfeksi Covid berpotensi menularkan virus.

“Namun, penularannya hanya ditemukan pada 17,5 persen dari total sampel yang diuji," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa studi ini fokus pada evaluasi keberadaan Covid-19 dalam air mata pasien positif dengan dan tanpa manifestasi okular, lalu menyoroti risiko penularan melalui rute lain seperti sekresi fekal-oral dan konjungtiva juga.

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa pasien yang terinfeksi virus Covid-19 dapat menularkan infeksi pada sekresi konjungtiva bahkan tanpa adanya keterlibatan okular.

Dokter itu juga mengatakan ahli kacamata, dokter mata, dan perawat lain yang bekerja di sektor perawatan pribadi seperti salon, ahli kecantikan, dan penyedia layanan kesehatan di rumah dapat berisiko lebih tinggi jika terkena sekresi yang terinfeksi.

Dr Saseedharan menjelaskan bahwa orang yang memiliki virus Covid-19 dapat menyebarkan penyakit melalui air mata karena menyentuh air mata atau permukaan tempat air mata jatuh.

Siapapun dapat terinfeksi setelah menyentuh sesuatu dan kemudian menyentuh mata. Coronavirus dapat menyebabkan infeksi mata merah muda (konjungtivitis), tetapi ini jarang terjadi.

“Jika Anda memiliki mata merah jangan panik. Cukup hubungi dokter mata untuk memberi tahu mereka dan ikuti instruksi mereka. Perlu diingat bahwa mata merah disebabkan oleh virus atau bakteri, itu dapat menyebar jika seseorang menyentuh cairan lengket dan berair itu. Oleh karena itu, orang yang terinfeksi dan pengasuhnya harus tetap berhati-hati," tambahnya.

Tips untuk pencegahan Covid-19 menular melalui air mata :

1. Hindari mengucek mata saat terinfeksi Covid-19.
2. Selalu tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, atau gunakan siku bagian dalam.
3. Buang tisu bekas ke tempat sampah.
4. Segera cuci tangan dengan sabun dan air minimal 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.
5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci jika berada di sekitar orang yang terinfeksi.
6. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit.
7. Kenakan masker di tempat umum dan saat berada di sekitar orang yang tidak tinggal di rumah mereka.
8. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas air mata Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top