Pankreas
Health

Jaga Kesehatan Pankreas Anda dengan 8 Makanan Ini

Ni Luh Anggela
Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pankreas, organ kecil berbentuk kacang ini memiliki peranan yang penting bagi tubuh kita. Mereka bertugas untuk memproduksi enzim pencernaan yang berperan dalam proses penguraian protein, gula dan lemak di dalam makanan serta minuman agar lebih mudah diserap oleh tubuh.
 
Apabila pankreas Anda tidak dapat berfungsi, maka pankreas tidak mampu memproduksi enzim pencernaan dengan optimal  bahkan dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti pancreatitis, fibrosis kistik, hingga memicu diabetes. Oleh karena itu, sangat penting menjaga agar pankreas tetap berfungsi dengan baik.
 
Apa yang Anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap pankreas Anda. Melansir Active Beat, Selasa (24/8/2021), berikut delapan makanan yang dapat melindungi, memelihara, dan menjaga pankreas Anda agar dapat berfungsi dengan baik.
 
1. Bawang putih

Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma bawang putih, namun sayuran spesies allium ini mengandung nutrisi yang bermanfaat, yang sangat baik untuk jaringan pankreas.
 
Sebuah penelitian di wilayah Teluk San Francisco yang diterbitkan oleh National Cancer Institute menghubungkan individu yang mengonsumsi makanan tinggi bawang putih dengan risiko 54 persen lebih rendah terkena kanker pankreas.
 
2. Yogurt probiotik

Penelitian dari Universitas Columbia dari 2013 dan Journal of National Cancer Institute, merekomendasikan orang sehat makan 3 porsi yogurt rendah lemak atau bebas lemak yang mengandung kultur aktif (probiotik atau bakteri menguntungkan) untuk membantu meringankan pencernaan, melindungi pankreas dan sistem pencernaan, serta mengurangi risiko kanker pankreas secara keseluruhan.
 
3. Bayam

Pakar medis di Institut Nutrisi Manusia Jerman Potsdam-Rehbruecke merekomendasikan cara terbaik untuk melindungi pankreas Anda dan menurunkan risiko kanker pankreas adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi bayam, atau lebih khusus lagi, sayuran berdaun hijau (yaitu, kangkung, bayam, sawi, dan lobak Swiss) dengan peningkatan kadar vitamin B dan zat besi.
 
4. Jamur

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Penelitian Kanker Universitas Indiana di Institut Penelitian Metodis, di Indianapolis, obat tradisional Asia yang terbuat dari jamur Poria cocos yang mengandung pinus memblokir gen MMP, yang terkait dengan perkembangan kanker pankreas. Secara umum, jamur menyediakan sumber yang baik dari berbagai vitamin B dan selenium, kata Julie Ching, ahli diet terdaftar.
 
5. Ceri

Buah ceri kaya akan antioksidan dan alkohol perillyl (atau POH), senyawa yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker pankreas.
 
6. Brokoli

Sebagai orang yang sadar akan kesehatan, sudah saatnya untuk menambahkan brokoli ke dalam piring makan Anda.
 
Sebuah penelitian dari University of Illinois menemukan bahwa makanan yang kaya akan flavonoid apigenin dan luteolin, seperti brokoli, membunuh (atau menghambat) pembentukan sel kanker pankreas manusia.
 
7. Ubi jalar

Ubi jalar tidak hanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, mereka juga memiliki manfaat yang melindungi pankreas Anda. Mereka dapat meningkatkan fungsi organ serta menurunkan risiko kanker pankreas sebesar 50 persen, menurut penelitian dari University of California.
 
8. Tahu

Tahu adalah sumber protein rendah lemak yang baik dan sering digunakan dalam makanan sebagai pengganti daging. Tahu dapat membantu pemulihan saluran pencernaan Anda dan melindungi pankreas Anda dari kerusakan.
 
“Disarankan untuk makan tahu yang dikukus dan tidak digoreng karena tujuannya adalah untuk mendapatkan sumber protein rendah lemak,” kata Julie Ching, ahli diet terdaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro