Bowen jadi gejala awal kanker kulit
Health

Mirip Eksim, Kenali Penyakit Bowen dan Gejala Awal Kanker Kulit

Annasa Rizki
Rabu, 8 September 2021 - 13:00
Bagikan

Pemeriksaan Fisik

Untuk memastikan penyakit ini, perlu diagnosa dokter agar tidak salah pengobatan dan perawatan. Penyakit bowen kadang disalah artikan dengan eksim dan psoriasis karena gejalanya yang mirip. 

Dokter biasanya akan melihat kondisi bercak untuk memastikan ada atau tidaknya kemungkinan penyakit bowen. Apabila ada kemungkinan tersebut, dokter akan menyarankan pasien untuk bertemu ahli kulit. 

Pemeriksaan Lab 

Untuk meyakinkan diagnosa, dokter akan melakukan pemeriksaan pada bercak di kulit secara laboratorium. Salah satunya yaitu dengan biopsi. 

Sampel jaringan kulit yang memiliki bercak diambil dan dilihat melalui mikroskop. Terdapat tiga metode biopsi kulit, yaitu biopsi shave, punch, dan eksisi. Metode yang digunakan tergantung pada ukuran dan lokasi. Biopsi kulit tidak harus masuk ruang operasi karena dapat dilakukan di ruang pemeriksaan

Kelainan Kulit Lain 

Psoriasis adalah kelainan kulit dengan gejala muncul bercak merah dan penebalan kulit yang gatal atau perih. Perbedaannya dengan bowen, bercak pada psoriasis kadang berwarna silver. 

Psoriasis dapat muncul di bagian tubuh mana pun tetapi paling sering ditemukan di lutut, wajah, siku, kulit kepala, punggung, telapak tangan, dan kaki.

Seperti penyakit Bowen, psoriasis bisa sulit didiagnosis karena banyak kondisi yang menyebabkan bercak serupa pada kulit bersisik merah. Biopsi dapat membedakan psoriasis dari penyakit Bowen serta kelainan kulit lainnya

Selain psoriasis, eksim adalah istilah umum untuk sejumlah kondisi kulit yang menyebabkan kulit kering gatal disertai ruam pada tangan dan kaki, di belakang lutut, di wajah, dan lipatan siku.

Menggaruk eksim dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan bengkak, serta memperburuk gejala. Biopsi akan dapat membedakan penyakit bowen dari eksim.

Penyakit bowen dapat diobati dengan mudah. Maka, diagnosis yang tepat akan membantu anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro