Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kurangi Gejala Menopause dengan 4 Cara Berikut Ini

Pertama, latihan Abhyanga pagi atau pijat minyak Ayurveda. Ini merupakan metode pemijatan yang dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki menggunakan minyak hangat.rn 
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 10 September 2021  |  11:25 WIB
Kurangi Gejala Menopause dengan 4 Cara Berikut Ini
Ilustrasi menopause pada perempuan dan cara mengatasinya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menopause merupakan proses alami yang terjadi saat seorang wanita bertambah tua. Ini ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi sebagai akibat dari ovarium tidak memproduksi sel telur dan melepaskan hormon.
 
Proses alami ini biasanya terjadi antara usia 50 dan 55 tahun, dan dikatakan terjadi ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan. Namun, transisi ini tidaklah mudah. Sebelum mengalami menopause, wanita akan mengalami berbagai perubahan pada masa perimenopause, atau yang disebut dengan gejala menopause.
 
“Selama menopause, wanita mungkin mengalami iritabilitas, penurunan kepadatan tulang, dan peningkatan berat badan. Risiko banyak penyakit juga meningkat selama periode ini.” kata Shikha Mahajan, ahli gizi holistik, pendiri Diet Podium.
 
Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri sendiri dengan membuat beberapa perubahan pada gaya hidup. Tetapi seseorang dapat memastikan menopause yang nyaman dengan mengingat beberapa poin sederhana.
 
“Meskipun tidak ada yang bisa menghentikan siklus alami kehidupan, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri sendiri selama menopause,” tulis pakar Ayurveda, Dr Nitika Kohli pada akun Instagramnya @drnitikakohli, Jumat (10/9/2021).
 
Lebih lanjut, dia menyarankan cara untuk mengurangi gejala dan membantu Anda bertransisi ke fase kehidupan baru ini.
 
Berikut tips gaya hidup untuk menopause yang nyaman seperti yang disarankan oleh Dr Kohli, melansir Indian Express, Jumat (10/9/2021).
 
Pertama, latihan Abhyanga pagi atau pijat minyak Ayurveda. Ini merupakan metode pemijatan yang dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki menggunakan minyak hangat.
 
“Sangat penting melakukan ini untuk mencegah masalah menopause karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh,” jelas Dr Kohli.
 
Kedua, cobalah untuk makan pada waktu yang sama setiap hari dan bangun pada waktu yang sama.
 
Ketiga, lakukan olahraga ringan setiap hari. Ini sangat disarankan karena menjaga keseimbangan semua dosha (tiga elemen yang diyakini ada dalam tubuh dan pikiran seseorang) yang terganggu, terutama vata dosha (berhubungan dengan elemen yang ada di alam semesta, yaitu udara dan ruang).
 
Dan yang terakhir, tidak melewatkan waktu makan. Dia juga menyarankan untuk makan makanan berat pada siang hari, karena pada saat itu pencernaan paling kuat bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menopause gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top