Saluran pencernaan/Istimewa
Health

Studi: Bakteri Usus dapat Membantu Penurunan Berat Badan

Ni Luh Anggela
Rabu, 15 September 2021 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Susunan mikrobioma usus Anda  dapat memengaruhi keberhasilan intervensi penurunan berat badan, menurut sebuah studi baru .
 
Pada 2018, sebuah studi kecil dari para peneliti di Mayo Clinic menyelidiki perbedaan mikrobioma usus antara mereka yang merespons secara efektif terhadap program penurunan berat badan dan mereka yang tidak kehilangan banyak berat badan sama sekali. Selain mengidentifikasi beberapa jenis bakteri usus tertentu yang tampaknya berkorelasi dengan keberhasilan penurunan berat badan, penelitian menunjukkan subjek dengan peningkatan kapasitas metabolisme karbohidrat cenderung kurang berhasil menurunkan berat badan.
 
Sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim dari Institute for Systems Biology di Seattle, Washington, memperbesar lebih jauh proses metabolisme mikroba yang membedakan penurunan berat badan yang efektif dari mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan, melansir New Atlas, Rabu (15/9/2021).
 
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal mSystems dimulai dengan mengumpulkan data peserta  dari program kesehatan komersial besar menggunakan intervensi perilaku yang dipersonalisasi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
 
Data dari sekitar 5.000 peserta dengan tujuan penurunan berat badan tertentu pada awalnya dianalisis, dan akhirnya para peneliti menguranginya menjadi sekitar 100 orang. Setengah dari mereka yang berhasil kehilangan lebih dari satu persen dari total berat badan mereka per bulan selama periode enam hingga 12 bulan. Setengah lainnya mempertahankan indeks massa tubuh yang stabil selama periode waktu yang sama.
 
Materi genetik dari darah dan tinja dianalisis untuk menyelidiki perbedaan antara kedua kelompok. Pada akhirnya para peneliti menemukan 31 fitur genomik fungsional utama yang mereka klaim membedakan respons penurunan berat badan individu.
 
“Kami menyarankan bahwa panen energi makanan, kompetisi substrat mikroba inang, dan modulasi peradangan inang oleh bakteri komensal mungkin, sebagian, bertanggung jawab untuk menentukan respons inang terhadap intervensi penurunan berat badan, terlepas dari BMI awal atau status kesehatan metabolik,” tulis para peneliti dalam studi yang baru diterbitkan.
 
Mereka juga menambahkan, ekosistem usus yang dioptimalkan untuk metabolisme fermentasi dan tingkat pertumbuhan bakteri yang lebih tinggi tampaknya kondusif untuk penurunan berat badan.
 
Mengikuti temuan Mayo Clinic 2018, penelitian baru ini kembali menemukan mereka yang berjuang dengan penurunan berat badan menunjukkan peningkatan kapasitas untuk memecah pati menjadi gula yang dapat diserap.
 
Christian Diener, penulis utama studi baru ini, mengatakan temuannya menunjukkan mikrobioma usus adalah ‘pemain utama’ dalam mengatur keberhasilan atau kegagalan intervensi penurunan berat badan yang diberikan.
 
Hasil penelitian mereka menggarisbawahi fakta bahwa mikrobioma usus kita adalah filter penting antara makanan yang kita konsumsi dan aliran darah kita.
 
“Penurunan berat badan mungkin sangat sulit ketika bakteri usus kita memperlambat pertumbuhan mereka sendiri, sementara juga memecah serat makanan menjadi gula kaya energi yang masuk ke aliran darah kita sebelum mereka dapat difermentasi menjadi asam organik oleh mikrobiota.” kata Diener.
 
Lebih banyak pekerjaan tentu diperlukan untuk memvalidasi temuan ini dengan data longitudinal yang terperinci karena, sementara penelitian ini mengidentifikasi jenis bakteri usus tertentu yang dapat menghambat penurunan berat badan, sains tentu saja tidak mendekati titik di mana probiotik anti-obesitas tunggal dapat ditawarkan.
 
Temuan ini menawarkan bukti kuat yang menunjukkan bahwa obesitas dapat sangat dipengaruhi oleh disregulasi metabolik yang dimediasi oleh bakteri usus, sebagai lawan dari ketidakseimbangan sederhana antara kalori yang dikonsumsi dan energi yang dikeluarkan.
 
Tapi ada hasil yang lebih langsung yang bisa datang dari penelitian ini. Sean Gibbons, penulis korespondensi pada studi baru, mengatakan adalah mungkin untuk menggunakan temuan ini untuk menghasilkan intervensi penurunan berat badan yang disesuaikan dengan mikrobioma individu.
 
“Setidaknya, pekerjaan ini dapat mengarah pada diagnostik untuk mengidentifikasi individu yang akan merespon dengan baik terhadap perubahan gaya hidup sehat moderat, dan mereka yang mungkin memerlukan tindakan yang lebih drastis untuk mencapai penurunan berat badan,” kata Gibbons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro