Biji kopi./roastycoffee.com
Health

Guru Besar UGM: Kopi Berpotensi Cegah Paparan Covid-19

Lugas Subarkah
Selasa, 21 September 2021 - 09:07
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Sri Anggrahini, mengatakan bahwa kopi banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh, termasuk mencegah paparan virus Corona.

Ia menuturkan, dalam berbagai penelitian di luar negeri, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19.

Temuan itu mendukung riset-riset sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang bersifat antioksidan.

Tak hanya itu, Sri Anggrahini pun mengatakan bahwa kopi juga dapat digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena Covid-19 atau tidak.

“Umumnya penderita Covid-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,” ujarnnya dalam puncak Dies Natalis FTP UGM ke-58 di Auditorium FTP UGM.

Untuk itu, pihaknya pun berharap agar penelitian tentang khasiat kopi tersebut dapat ditindaklanjuti.

Di sisi lain, Sri Anggrahini menekankan bahwa meskimampu meningkatkan kekebalan tubuh, kopi sebaiknya tidak diminum dalam keadaan perut kosong.

“Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik dan risiko kena sakit maag,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lugas Subarkah
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro