Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting! Ini Kesalahan Saat Diet Bagi Penderita Kolesterol Tinggi   

Mengurangi konsumsi lemak memang penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun bukan berarti menghilangkannya.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 21 September 2021  |  16:54 WIB
Penting! Ini Kesalahan Saat Diet Bagi Penderita Kolesterol Tinggi   
Ilustrasi kolesterol - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang-orang banyak salah paham perihal diet untuk pasien dengan kolesterol tinggi. Kondisi kesehatan tersebut merupakan peringatan dini masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi dan stroke. Kebiasaan gaya hidup sehat dan konsumsi obat tertentu dapat mencegah kolesterol naik.  

Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya kesadaran masyarakat terkait kolesterol tinggi, sehingga sebagian besar mengambil jalan yang salah dalam menentukan pilihan makanan.  

Mengurangi konsumsi lemak memang penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun bukan berarti menghilangkan secara penuh kelompok makanan penting seperti produk makanan hewani dan susu dari diet. 

Tidak semua kolesterol itu buruk. HDL atau high density lipoprotein disebut juga sebagai kolesterol baik yang membantu mengembalikan LDL ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Proses Ini membantu mencegah plak kolesterol menumpuk di arteri. 

Hal yang harus dilakukan hanya mengurangi dan mengontrol konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Produk hewani memang mengandung kolesterol, tetapi juga memiliki nutrisi yang bagus untuk tubuh.  

Telur, daging, dan produk susu seringkali dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Namun, makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara terbaik adalah tidak makan terlalu banyak dan memasaknya dengan baik dan sesedikit mungkin minyak yang digunakan.  

Konsumsi 4 sampai 6 telur dalam seminggu merupakan takaran terbaik bagi penderita kolesterol. Merebus atau mengukus daging dapat menjadi pilihan terbaik. Selain itu, konsumsi susu skim atau yogurt juga baik untuk kesehatan.  

Perhatikan lemak jenuh, lemak trans, dan kadar gula yang tertera pada makanan yang akan dikonsumsi tidak lebih dari 10 persen. Tak perlu khawatir karena selalu konsumsi makanan rebus atau kukus karena tubuh sendiri menghasilkan lemak. 

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dalam memasak, menggunakan potongan daging tanpa lemak, ngemil kacang-kacangan, dan biji-bijian daripada kentang goreng atau makanan ringan olahan merupakan bentuk hidup lebih sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karbohidrat lemak diet
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top