Ilustrasi kolesterol/istimewa
Health

Penting! Ini Kesalahan Saat Diet Bagi Penderita Kolesterol Tinggi   

Annasa Rizki
Selasa, 21 September 2021 - 16:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang-orang banyak salah paham perihal diet untuk pasien dengan kolesterol tinggi. Kondisi kesehatan tersebut merupakan peringatan dini masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi dan stroke. Kebiasaan gaya hidup sehat dan konsumsi obat tertentu dapat mencegah kolesterol naik.  

Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya kesadaran masyarakat terkait kolesterol tinggi, sehingga sebagian besar mengambil jalan yang salah dalam menentukan pilihan makanan.  

Mengurangi konsumsi lemak memang penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun bukan berarti menghilangkan secara penuh kelompok makanan penting seperti produk makanan hewani dan susu dari diet. 

Tidak semua kolesterol itu buruk. HDL atau high density lipoprotein disebut juga sebagai kolesterol baik yang membantu mengembalikan LDL ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Proses Ini membantu mencegah plak kolesterol menumpuk di arteri. 

Hal yang harus dilakukan hanya mengurangi dan mengontrol konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Produk hewani memang mengandung kolesterol, tetapi juga memiliki nutrisi yang bagus untuk tubuh.  

Telur, daging, dan produk susu seringkali dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Namun, makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara terbaik adalah tidak makan terlalu banyak dan memasaknya dengan baik dan sesedikit mungkin minyak yang digunakan.  

Konsumsi 4 sampai 6 telur dalam seminggu merupakan takaran terbaik bagi penderita kolesterol. Merebus atau mengukus daging dapat menjadi pilihan terbaik. Selain itu, konsumsi susu skim atau yogurt juga baik untuk kesehatan.  

Perhatikan lemak jenuh, lemak trans, dan kadar gula yang tertera pada makanan yang akan dikonsumsi tidak lebih dari 10 persen. Tak perlu khawatir karena selalu konsumsi makanan rebus atau kukus karena tubuh sendiri menghasilkan lemak. 

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dalam memasak, menggunakan potongan daging tanpa lemak, ngemil kacang-kacangan, dan biji-bijian daripada kentang goreng atau makanan ringan olahan merupakan bentuk hidup lebih sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro