Operasi katarak di Jakarta Eye Centre/Istimewa
Health

Penyebab Katarak Menyerang Usia Muda dan Bagaimana Ciri-cirinya

Ni Luh Anggela
Rabu, 22 September 2021 - 16:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Katarak, suatu penyakit ketika lensa mata Anda menjadi keruh dan berawan, sering dikaitkan dengan orang berusia 60 tahun ke atas.

Namun, Anda perlu waspada karena gejala katarak dapat terjadi di saat menginjak usia 30 tahun. Bahkan beberapa bayi dilahirkan dengan katarak.
 
Ada sejumlah alasan mengapa seorang anak dapat dilahirkan dengan katarak atau mengembangkannya saat mereka masih muda. Tetapi dalam banyak kasus tidak mungkin untuk menentukan penyebab pastinya.
 
Seperti dilansir dari NHS, Rabu (22/9/2021), kemungkinan penyebabnya meliputi:

1. Faktor keturunan

Kesalahan genetik yang diwarisi dari orang tua anak menyebabkan lensa berkembang secara tidak normal. Ini merupakan salah satu penyebab umum katarak pada bayi.  Kondisi genetik tertentu, termasuk sindrom Down.
 
2. Infeksi

Infeksi tertentu yang didapat oleh ibu selama kehamilan, termasuk rubella dan cacar air dapat meningkatkan risiko anak mengalami katarak.
 
3. Cedera mata

Cedera mata, baik cedera tumpul yang terjadi akibat benturan, atau cedera tajam yang terjadi karena tusukan pada mata, dapat menyebabkan seseorang mengalami katarak. Ini karena struktur lensa Anda menjadi rusak akibat cedera.
 
4. Paparan sinar matahari

Penyebab lain katarak di usia muda adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Sering terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan cedera pada kornea dan memicu terjadinya katarak.
 
5. Diabetes

Orang muda yang mengidap diabetes berisiko tinggi terkena katarak. Mengutip Alodokter, penumpukan gula (sorbitol) yang dipicu oleh penyakit diabetes dapat membentuk awan keruh yang memenuhi lensa mata.
 
Pada anak-anak, katarak dapat mengenai satu atau kedua mata. Bercak keruh di lensa terkadang bisa menjadi lebih besar dan lebih banyak berkembang, mengakibatkan penglihatan anak menjadi semakin terpengaruh.
 
Selain penglihatan yang buruk, katarak juga dapat menyebabkan “mata bergoyang” dan juling, di mana mata menunjuk ke arah yang berbeda. Ketika anak Anda masih sangat kecil, mungkin sulit untuk menemukan tanda-tanda katarak.
 
Mengutip Halodoc, Rabu (22/9/2021), gejala lain katarak di usia muda seperti tidak kuat melihat cahaya silau, pandangan kabur jika cahaya di sekitar Anda terlalu terang, penglihatan berkurang di malam hari, pandangan berubahn menjadi kekuningan atau kecokelatan, serta warna-warna yang dilihat tampak lebih pucat dari biasanya.
 
Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda, agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro