Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makin Mudah, Bayar Biaya Pendidikan Kini Bisa Lewat e-Commerce

Melalui kerjasama ini akan memudahkan orangtua untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui e-commerce.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 25 September 2021  |  12:27 WIB
Makin Mudah, Bayar Biaya Pendidikan Kini Bisa Lewat e-Commerce
Sejumlah siswa mencuci tangannya seusai mengikuti embelajaran tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021). Sebanyak 610 sekolah di Ibu Kota menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat. ANTARA FOTO - Sigid Kurniawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang saat ini mewabah membuat sekolah atau aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring.

Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang saat ini masih berlangsung, masyarakat diimbau untuk melakukan sebagian besar aktivitas dari rumah, tidak terkecuali pembayaran tagihan pendidikan atau SPP.

Berdasarkan itu, Jaringan IDN, platform sekolah digital memperluas layanan pembayaran iuran pendidikan/SPP dengan menggandeng e-commerce Shopee.

Melalui kerja sama ini, 2522 lembaga pendidikan yang tergabung di Jaringan IDN berupa sekolah, kampus, pesantren, PKBM, dan bimbel di 18 provinsi, dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan secara online melalui Shopee.

Ian McKenna, CEO Jaringan IDN, berharap anak-anak dapat segera kembali ke sekolah. Namun, yang harus disadari ketika mereka kembali ke sekolah hal tersebut tidak bisa dikatakan “kembali ke normal”.

"Pendidikan telah berkembang dari tahun ke tahun, bersamaan dengan ekspektasi orang tua. Dulu digitalisasi sekolah dipandang sebagai keuntungan, sedangkan saat ini adalah kebutuhan," tuturnya, Sabtu (25/9/2021).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini, ratusan lembaga pendidikan mulai dari sekolah, madrasah, dan pesantren telah bergabung di Jaringan IDN untuk memulai perjalanan digitalisasi lembaga pendidikan.

"Melalui kerja sama ini akan memudahkan orangtua untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui e-commerce," ucapnya.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products, Shopee Indonesia mengatakan dengan masih diberlakukannya PPKM serta himbauan untuk melakukan sebagian besar aktivitas dari rumah, Shopee terus berupaya memberikan kemudahan memenuhi kebutuhan pengguna, tidak terkecuali untuk lembayaran tagihan.

"Kolaborasi dengan jaringan IDN ini untuk memperluas pilihan lembaga pendidikan yang ditawarkan, di saat yang sama memberikan solusi bagi pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran pendidikan tanpa harus keluar rumah," ujarnya.

Bersamaan dengan sedang berlangsungnya kampanye Shopee 10.10 Brands Festival, dia berharap kerja sama ini dapat memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi pengguna.

Pembayaran SPP melalui Shopee ini akan memudahkan siswa dan orangtua/wali karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, lembaga pendidikan yang telah menggunakan layanan pembayaran digital juga memiliki pemasukan yang lebih lancar, apalagi di masa pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat.

"Melalui Jaringan IDN, kami terbantu dalam pengelolaan dan administrasi keuangan mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi, sehingga lebih efektif, efisien, dan transparan. Para siswa dan mahasiswa Kami juga bisa melakukan pembayaran online,” pungkas Ninuk Nurbani, Bendahara Yayasan Perpenas Banyuwangi yang termasuk dalam lembaga pendidikan Jaringan IDN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ecommerce
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top