Insomnia/boldsky.com
Health

Benarkah Konsumsi Makanan Kurang Sehat Sebabkan Sulit Tidur?

Annasa Rizki
Selasa, 28 September 2021 - 22:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidur menjadi bagian dari kesehatan yang harus terpenuhi dan memiliki efek berbahaya apabila abai. Studi terbaru dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, gagal mendapatkan jumlah tidur yang disarankan – yaitu tujuh jam setiap malam— dapat menyebabkan kecenderungan ngemil yang tidak sehat. 

Melansir dari EatThis!, sebanyak 20,000 peserta survei yang berusia antara 20-60 tahun menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung memilih makanan yang kurang sehat.  

“Kami menemukan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup tidur atau begadang memiliki kebiasaan ngemil lebih banyak kalori, karbohidrat, dan gula saat malam hari daripada orang yang memiliki waktu tidur cukup,” ujar Christopher Taylor, seorang profesor di Ohio State University (OSU).  

Selain itu, minuman dengan kadar gula dan alkohol yang tinggi serta keripik kentang merupakan camilan yang paling banyak dimakan pada malam hari. Produk tersebut mengandung sedikit nutrisi.  

Taylor menambahkan bahwa kebiasaan seperti males gerak, terlalu lama menatap layar, ngemil, dan begadang memicu obesitas dan penyakit serius.  

Sementara itu, saat Anda kurang tidur, hormon yang mengatur rasa lapar, ghrelin, meningkatkan rasa keinginan untuk makan dan ngemil, biasanya makanan yang rendah nutrisi.

Kurang tidur tidak hanya memengaruhi pilihan makanan Anda, dengan ngemil hingga larut malam, kelebihan energi yang tidak dimanfaatkan secara efisien akan menumpuk menjadi lemak.  

Kurang tidur akan memberikan efek mood yang buruk, pengambilan keputusan yang buruk, dan menurunkan konsentrasi.  

Makanan yang sebaiknya Anda makan untuk camilan di malam hari yaitu greek yogurt, telur, kacang-kacangan, buncis kering, alpukat, sayuran, dan tomat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro