Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Kamu Kebanyakan Minum Vitamin C dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami masalah pencernaan akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin C, cukup kurangi dosis suplemen Anda atau hindari suplemen vitamin C sama sekali.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 30 September 2021  |  13:10 WIB
Tanda-tanda Kamu Kebanyakan Minum Vitamin C dan Cara Mengatasinya
Vitamin C
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin C, yang juga dikenal dengan asam askorbat, merupakan salah satu vitamin penting yang larut dalam air. Mereka merupakan  antioksidan yang dipercaya dapat mencegah sakit karena meningkatkan kekebalan, menjaga tekanan darah normal, mencegah peradangan dan meningkatkan kandungan kolagen pada kulit. Mereka juga memainkan peran penting dalam penyembuhan luka, menjaga tulang Anda kuat, dan meningkatkan fungsi otak.
 
Meskipun menawarkan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan, konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
 
Melansir Healthline, Kamis (30/9/2021), kelebihan mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan masalah pencernaan. Gejala pencernaan yang paling umum dari asupan vitamin C yang berlebihan adalah diare dan mual. Asupan yang berlebihan juga telah dilaporkan menyebabkan refluks asam, meskipun hal ini tidak didukung oleh bukti.
 
Jika Anda mengalami masalah pencernaan akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin C, cukup kurangi dosis suplemen Anda atau hindari suplemen vitamin C sama sekali.
 
Umumnya, mengutip Medicine Net, Kamis (30/9/2021), tanda atau gejala seseorang kelebihan vitamin C seperti berikut:
·         Mual dan muntah
·         Diare
·         Sakit perut dan kram
·         Maag
·         Insomnia (gangguan tidur)
·         Sakit kepala
·         Kelelahan
·         Demam
·         Batu ginjal
·         Rambut rontok
·         Sifat lekas marah
·         Epistaksis (pendarahan melalui hidung)
·         Kelainan menstruasi
·         Penurunan berat badan
·         Status mental yang berubah
·         Kejang
·         Nyeri dan kelemahan otot
·         Patah tulang
·         Pengeringan selaput lendir
 
Karena vitamin C larut dalam air dan tubuh Anda mengeluarkannya dalam jumlah berlebih dalam beberapa jam setelah Anda mengonsumsinya, cukup sulit untuk mengonsumsinya terlalu banyak.
 
Faktanya, hampir tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan terlalu banyak vitamin C dari makanan Anda saja. Pada orang sehat, vitamin C ekstra yang dikonsumsi di atas jumlah harian yang direkomendasikan akan dikeluarkan dari tubuh. Singkatnya, Anda perlu mengonsumsi 29 jeruk atau 13 paprika sebelum asupan Anda mencapai batas atas yang dapat ditoleransi.
 
Namun, risiko overdosis vitamin C lebih tinggi ketika orang mengonsumsi suplemen, dan mungkin saja mengonsumsi terlalu banyak vitamin dalam beberapa keadaan. Misalnya, mereka dengan kondisi yang meningkatkan risiko kelebihan zat besi atau rentan terhadap batu ginjal harus berhati-hati dengan asupan vitamin C mereka.
 
Semua efek buruk vitamin C, termasuk gangguan pencernaan dan batu ginjal, tampaknya terjadi ketika orang meminumnya dalam dosis lebih besar dari 2.000 mg.
 
Jika Anda memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya pilih yang mengandung tidak lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda. Itu berarti 90 mg per hari untuk pria dan 75 mg per hari untuk wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c asam urat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top