Ilustrasi organ tubuh manusia
Health

14 Fakta Unik Tubuh Manusia 

Annasa Rizki
Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh manusia merupakan satu dari sekian banyak susunan unik yang ada di kehidupan. 

Manusia bermula hanya dari satu sel yang kemudian terbentuk rangka tubuh dengan sel yang tak terhitung jumlahnya. 

Keunikan tubuh manusia tak hanya sampai di situ, berikut ini 14 fakta aneh nan unik dari tubuh manusia yang mungkin baru kamu ketahui. 

  1. Bayi Memiliki Lebih Banyak Tulang dari Orang Dewasa 

Manusia dewasa memiliki jumlah tulang sekitar 206 buah. Banyak tulang kecil yang mungkin membuat bingung seperti sesamoid di sendi jari. 

Bayi rata-rata memiliki sekitar 300 tulang. Hal ini disebabkan karena tulang pada orang dewasa sebenarnya adalah beberapa tulang yang terpisah.

Saat baru lahir, tengkorak bayi masih lemah terutama bagian ubun-ubun. Tengkorak tersebut masih menjadi tulang rawan yang belum menyatu dengan tengkorak. 

  1. Manusia Menyala dalam Gelap, Tapi hanya Sedikit

Istilah bioluminesens sudah familiar dan nampak pada beberapa tumbuhan dan hewan yang berada di laut dalam seperti anglerfish. 

Manusia juga dapat menyala dalam kegelapan karena adanya emisi biofoton.

Reaksi kimia dalam sel kita membuang sejumlah kecil cahaya yang dapat ditangkap dengan kamera ultra-sensitif. Sayangnya, Anda tidak dapat melihat cahaya ini dengan mata telanjang.

  1. Usus Buntu Ternyata Ada Gunanya 

Usu buntu yang kerap kali dibuang melalui operasi menjadi pertanyaan, apa fungsinya? 

Organ ini berperan dalam sistem imun tubuh. Pemikiran sementara yang mungkin adalah usus buntu menjadi tempat penyimpanan bakteri baik di usus. 

  1. Merinding bukan berarti ada hantu, tapi respon untuk menghangatkan tubuh

Bulu yang berdiri merupakan respon tubuh untuk menjebak udara di bawahnya agar Anda tetap hangat.

Itu tidak bekerja dengan baik, tentu saja, karena kami tidak memiliki banyak rambut tubuh. Jika dilihat lebih dekat, ada otot kecil, arrector pili (penjaga rambut) yang berkontraksi untuk menarik rambut ke atas.

  1. Kamu hanya bernapas dengan satu lubang hidung 

Saat pilek dan hidung tersumbat, Anda mungkin memperhatikan bahwa hanya satu lubang hidung yang berfungsi. Hidung yang tersembat akan berubah sepanjang hari, kanan ataupun kiri. 

Hal itu karena kita hanya bernapas melalui satu lubang hidung pada satu waktu, bahkan saat kita sehat. (Lubang hidung yang tersumbat adalah lubang hidung yang kebetulan sedang beristirahat).

Proses ini disebut siklus hidung, dan Anda bisa membuktikannya sendiri dengan meletakkan tangan di bawah hidung. Anda mungkin akan merasakan napas Anda lebih di satu sisi daripada yang lain; jika Anda merasakannya di keduanya, Anda telah menangkap siklus selama transisinya. Tunggu sebentar dan rasakan lagi. Selamat mencoba! 

  1. Manusia Memiliki Garis Tubuh Tidak Terlihat 

Garis-garis pada harimau tidak hanya untuk harimau, kulit manusia memiliki pola belang yang serupa, namun tidak terlihat.

Garis-garis tersebut disebut Blaschko. Garis ini terbentuk saat sel-sel kita membelah dan tubuh kita tumbuh di dalam rahim. 

Barisan sel ini, termasuk sel kulit, terlihat identik dan karenanya tidak terlihat sebagai garis—sebagian besar waktu. Tapi ruam tertentu akan mengikuti garis, membuatnya terlihat, dan terkadang bisa terlihat di bawah sinar ultraviolet yang cukup kuat.

  1. Urin semua orang bau setelah makan asparagus

Apakah kencing Anda bau setelah makan asparagus? Dahulu, hal ini kerap menjadi topik yang diperdebatkan. Ternyata beberapa orang mencium bau kubis dalam urin mereka sendiri dan beberapa tidak. Kesimpulan yang tepat untuk fakta ini adalah beberapa orang menghasilkan bau dan yang lain tidak.

Tetapi ada hal lain dari fakta aneh satu ini: orang yang mengatakan bahwa mereka tidak merasakan urin yang bau juga tidak dapat mendeteksi bau dalam urin orang lain. Teori saat ini adalah bahwa kita semua menghasilkan bau, tetapi hanya sebagian dari kita yang dapat menciumnya—tetapi para ilmuwan masih belum sepenuhnya yakin. Mungkin hanya sebagian dari kita yang membuat bau dan hanya sebagian dari kita yang bisa menciumnya.

  1. Bayi Hanya Berkedip 2-3 Kali Permenit 

Rata-rata orang dewasa berkedip 10 sampai 15 kali per menit, sedangkan bayi tidak. Studi yang telah dilakukan hanya menghitung bayi berkedip satu hingga tiga kali setiap menit. Para peneliti masih menyelidiki ini, namun kemungkinan karena bayi menatap sesuatu lebih lama daripada orang dewasa, mencoba menyerap semuanya.

  1. Lambung 

Lambung memiliki begitu banyak enzim dan asam yang dapat mencerna daging yang kita makan. Namun pernahkah Anda berpikir mengapa ia tidak mencerna dirinya sendiri? Nah, ternyata lambung memang mencerna lambung itu sendiri.

Begini penjelasannya, sel-sel yang melapisi lambung bereproduksi dengan cepat untuk menggantikan sel-sel yang dihancurkan dalam proses sehari-hari. Sel yang hancur akan dicerna oleh lambung. Maka, lambung berakhir dengan lapisan baru setiap tiga hari.

  1. Semua Manusia Memiliki DNA 99,9 persen Identik

Anda mungkin berpikir Anda sangat berbeda dari orang lain, tetapi secara genetik semua manusia sangat mirip. Meskipun Anda mungkin menggambarkan orang yang bukan saudara tidak berbagi DNA dengan Anda. 

Kenyataannya adalah bahwa semua manusia memiliki sekitar 99,9 persen  DNA yang sama. Semua perbedaan antara satu dengan yang lainnya ada di 0,1 persen  sisanya. Sementara itu, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manusia memiliki kemiripan sekitar 98,8 persen DNA dengan simpanse.

  1. Kotoran Berbentuk Cairan Saat Dalam Pencernaan 

Makanan memasuki tubuh berbentuk padatan dan meninggalkannya (biasanya) sebagai padatan juga. Kenyataannya, makanan tersebut menghabiskan sebagian besar waktu di antaranya sebagai cairan. 

Pengandaian yang tepat adalah bayangkan lambung adalah kolam asam dan usus kecil Anda adalah pipa kecil. Tidak ada hamburger padat yang masuk ke pipa kecil. Di akhir perjalanan makanan, sebagian besar air diserap kembali ke dalam tubuh, pada akhirnya meninggalkan limbah padat.

  1. Saliva Anda Selama Satu Tahun Cukup Untuk Mengisi Bak Mandi

Tubuh kita menghasilkan banyak cairan. Jika ditanya berapa banyak? Jawabannya sangat banyak. Manusia menghasilkan 0,7 liter air liur per hari. Selama setahun Anda bisa mengisi satu atau dua bak mandi.

Sementara itu, manusia kentut antara 15 dan 25 kali per hari dan volume totalnya bisa mencapai 1,8 liter. Ukuran ini cukup untuk mengisi balon kecil.

Anda menghasilkan sekitar 1,5 liter lendir setiap hari, tetapi tidak semuanya di hidung Anda. Lendir juga melapisi area lain dari seperti paru-paru. Fakta unik lainnya, sebagian besar lendir yang diproduksi di hidung, Anda telan. 

  1. Gaya Gravitasi Membuat Anda Lebih Pendek 

Gravitasi benar-benar menahan tubuh. Ketika astronot Scott Kelly kembali dari luar angkasa, dia dua inci lebih tinggi dari saudara kembarnya. Sebagian besar dari kita sedikit lebih tinggi di pagi hari daripada di penghujung hari. 

  1. Gigi Bukan Tulang 

Meskipun mirip tulang, gigi sebenarnya bukan tulang sama sekali. Lalu apa mereka? Mereka gigi! Mereka adalah milik mereka sendiri. Gigi memiliki lapisan yang disebut email (zat terkeras dalam tubuh manusia), terbuat dari dentin di bawahnya, dan memiliki pulpa yang penuh dengan saraf dan pembuluh darah di bagian dalam.

Tulang, sebaliknya, memiliki sumsum lemak dan/atau sesuatu yang disebut "tulang spons" di bagian dalam, dan bagian luar tulang dilapisi membran. Tulang penuh dengan kolagen dan pembuluh darah, sementar gigi yang keras tidak memiliki keduanya. 

Jadi, berapa banyak fakta yang baru Anda tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro