Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Salah Satu Pengobatan Efektif Kanker, Berapa Biaya Kemoterapi?

Berikut biaya kemoterapi untuk pengobatan kanker di Indonesia yang bisa dijadikan estimasi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  16:01 WIB
Sel kanker - Istimewa
Sel kanker - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian tinggi di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Mereka juga dapat menyerang bagian tubuh manapun.
 
Untuk menyembuhkan penyakit kanker, kemoterapi biasanya merupakan pilihan untuk mengobati kanker yang sudah menyebar ataupun yang berisiko menyebar.
 
Kemoterapi adalah prosedur pengobatan dengan menggunakan bahan kimia yang sangat kuat untuk menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel yang bertumbuh dengan cepat, seperti sel kanker.
 
Sebelum kemoterapi, seperti dilansir dari Alodokter, Rabu (13/10/2021), Anda akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh guna memastikan kondisi tubuh Anda siap menerima kemoterapi. Bila kemoterapi diberikan melalui pembuluh darah vena, akan dipasang akses pembuluh darah (infus) semi permanen pada pasien untuk memasukkan obat kemoterapi.
 
Kemoterapi juga dapat diberikan dalam bentuk tablet yang bisa Anda minum sendiri di rumah dengan dosis yang sesuai dengan aturan dan anjuran dokter.
 
Meskipun kemoterapi adalah salah satu pengobatan yang efektif, ini dapat memberikan Anda efek samping seperti mual, lemas, muntah, diare, kerontokan rambut, selera makan berkurang, sariawan, demam, sembelit dan mudah memar. Anda mungkin juga mengalami efek samping lain seperti kesemutan, mati rasa, gangguan fungsi ginjal hingga perubahan berat badan.
 
Hanya saja, biaya kemoterapi tidaklah murah. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 69 Tahun 2013, tarif Indonesian – Case Based Groups yang selanjutnya disebut Tarif INA-CBG’s untuk pengobatan kemoterapi di rumah sakit pemerintah kelas A rawat inap memakan biaya hingga Rp 5.162.756 untuk kemoterapi ringan, Rp9.716.388 untuk kemoterapi sedang dan Rp13.415.670 untuk kemoterapi berat.
 
Untuk pengobatan kemoterapi di rumah sakit pemerintah kelas B rawat inap memakan biaya hingga Rp2.734.777 untuk kemoterapi ringan, Rp 5.487.760 untuk kemoterapi sedang dan Rp7.131.522 untuk kemoterapi berat.
 
Sementara itu, untuk pengobatan kemoterapi di rumah sakit pemerintah kelas C rawat inap memakan biaya hingga Rp2.177.210 untuk kemoterapi ringan, Rp4.355.331 untuk kemoterapi sedang, dan Rp5.696.775 untuk kemoterapi berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kemoterapi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top