Ilustrasi/Codyapp
Health

Ladies, Ini 5 Olahraga yang Bisa Redakan Nyeri Menstruasi

Aliftya Amarilisya
Rabu, 23 Februari 2022 - 09:50
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Rangkaian masa menstruasi bisa menjadi fase yang tidak nyaman, tak terkecuali pada saat pra menstrual syndrome atau biasa disebut PMS. Pada fase tersebut, perempuan biasanya akan mengalami nyeri pada bagian punggung ataupun perut.

Oleh karenanya, banyak perempuan lebih memilih untuk beristirahat dan tidak melakukan beragam aktivitas, seperti olahraga saat sedang fase PMS.

Di satu sisi, hal tersebut sebetulnya cukup disayangkan. Pasalnya, ada beberapa jenis olahraga ringan yang justru dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Dilansir dari laman Medicelle Clinic, berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat PMS.

1. Jalan cepat

Meski sangat sederhana, olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan jantung. Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengoptimalkan asupan oksigen dalam tubuh dan memperlancar aliran darah. Aliran darah yang tidak lancar inilah yang merupakan penyebab utama kram ketika menstruasi.

2. Lari santai

Lari santai bermanfaat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan energi. Dengan sirkulasi darah yang lancar, kram perut pun akan berkurang. Selain itu, tubuh akan lebih sehat dan Anda akan lebih bersemangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

3. Berenang

Berenang bisa meredakan rasa sakit saat PMS. Air dapat berfungsi sebagai pemijat perut ketika Anda melakukan gerakan ringan di dalam kolam. Selain itu, berenang juga bisa melemaskan sendi-sendi yang kaku dan nyeri ketika menstruasi.

4. Yoga

Yoga dapat meringankan kram perut saat menstruasi. Selain itu, pose-pose restoratif atau pose-pose yang bertujuan untuk menimbulkan ketenangan bisa melepaskan stres, sehingga membuat tubuh menjadi rileks.

5. Aerobik

Senam aerobik ringan bisa membantu Anda menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh. Selain itu, sirkulasi darah yang meningkat ketika melakukan senam aerobik ringan akan memaksimalkan metabolisme tubuh Anda. Dengan begitu, rasa lemas yang dirasakan saat menstruasi pun dapat teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro