Sering Nyeri Parah Saat Haid, Coba Ramuan Tradisional Ini

Meredakan nyeri haid bisa dilakukan tanpa minum obat, namun dengan pengobatan secara alami.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  15:35 WIB
Sering Nyeri Parah Saat Haid, Coba Ramuan Tradisional Ini
Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com -

Bisnis.com, JAKARTA – Nyeri haid bagi wanita bisa terasa sangat sakit, hingga membuat kesulitan untuk beraktivitas.

Sebagian besar, nyeri haid terasa berdenyut atau kram pada perut bagian bawah. Bahkan juga gejala lainnya, meliputi mual, muntah, pusing, berkeringan, dan sakit pada punggung bagian bawah serta paha. 

Namun, kerapkali sebagian wanita yang mengalami nyeri haid membiarkan kondisi tersebut karena tidak tahu apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk bisa meringankan rasa nyeri. 

Meredakan nyeri haid bisa dilakukan tanpa minum obat, namun dengan pengobatan secara alami.

Kementerian Kesehatan RI melalui akun instagramnya @kemenkes_ri membagikan tips mengurangi rasa nyeri haid dengan ramuan tradisional.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tersebut berupa 3 iris rimpang temulawak, 8 butir biji kedawung, 1/3 genggam daun sembung, dan 3 gelas air. Sediakan pula asam jawa dan gula aren secukupnya.

Adapun, cara membuatnya terbilang cukup mudah. Pertama-tama, didihkan air, lalu masukkan biji kedawung yang sudah dimemarkan.

Setelah lima menit, masukkan rimpang temulawak, asam jawa, dan daun sembung. Kemudian, rebus selama 10 menit, masukkan gula aren menjelang rebusan diangkat.

Jika Anda tidak tahu atau bingung cara meringankan nyeri haid, tidak ada salahnya membuat dan mengonsumsi ramuan tersebut. Semoga manjur. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup