Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dampak Buruk Tidur Sambil Duduk

Tidak bergerak dalam satu posisi dapat menyebabkan nyeri punggung dan tubuh, yang dapat merusak postur tubuh.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 23 Oktober 2021  |  15:06 WIB
Tidur siang di atas kursi bisa berisiko buruk pada  kesehatan. - ilustrasi
Tidur siang di atas kursi bisa berisiko buruk pada kesehatan. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda terTidur lelap saat sedang duduk dan bekerja di komputer? Ini bisa menyebabkan sakit punggung, kaku di leher dan bahu.

Mengutip dari Times of India, Sabtu (23/10/2021), terlalu lama duduk bisa menyebabkan nyeri sendi. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit parah seperti trombosis vena dalam.

Peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang tidur sambil duduk bisa menimbukan akibat yang fatal. Tidur sambil duduk mungkin nyaman, tetapi dapat menyebabkan sendi kaku dan sakit punggung.

Bila Anda merasa nyaman saat duduk di kursi, maka kondisi tersebut tidak disarankan untuk tidur di atass kursi. Tidak bergerak dalam satu posisi dapat menyebabkan nyeri punggung dan tubuh, yang dapat merusak postur tubuh. Imobilitas juga dapat menyebabkan sendi kaku dan mungkin memiliki dampak yang menyakitkan.

"Peregangan dianggap sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas, postur dan mencegah kekakuan sendi. Sambil berbaring di tempat tidur untuk tidur dapat membantu kita meregangkan anggota tubuh dan persendian kita, tidur sambil duduk dapat mengganggu sirkulasi darah, membatasi gerakan, yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut," seperti dikutip, Sabtu (23/10/2021).

Waspadalah terhadap kesehatan trombosis vena bila Anda duduk selama berjam-jam. Selain itu, masalah jangka pendek yang muncul saat Anda tidur sambil duduk adalah peningkatan gumpalan darah, juga dikenal sebagai trombus, terbentuk di satu atau lebih vena dalam di tubuh Anda, terutama kaki.

Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak diobati, maka dapat menyebabkan situasi darurat, bahkan menyebabkan kematian dalam keadaan parah. "Risiko terbesar terjadi ketika darah yang beku berjalan ke paru-paru atau otak, sehingga mengakibatkan kerusakan yang signifikan, menyebabkan kematian mendadak," ungkapnya.

Gejala utama dari deep vein thrombosis adalah sebagai berikut.
- Pembengkakan dan nyeri pada otot betis, pergelangan kaki atau kaki
- Kulit memerah dan hangat, akibat peradangan
- Nyeri pergelangan kaki atau kaki yang tiba-tiba

Apakah ada manfaat tidur sambil duduk tegak?
Banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan kursi malas, jika Anda ingin tidur sambil duduk. Meskipun seseorang harus menghindari posisi tidur seperti itu, ini mungkin bermanfaat bagi wanita hamil, yang merasa sulit untuk tidur dengan berbaring.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur darah salah duduk
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top