Ginjal/medicinet.com
Health

Gejala Kanker Ginjal yang Paling Umum

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 November 2021 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Tingkat kematian kanker ginjal telah meningkat sebesar 4 persen dalam dekade terakhir, biasanya berdampak pada mereka yang tinggal di daerah miskin dan orang dewasa berusia 60-an dan 70-an.

Kabar baiknya adalah bahwa kanker ginjal seringkali dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal, sehingga penting bagi Anda mengetahui tanda-tanda awal kanker ginjal.

Kanker ginjal berkembang ketika sel-sel abnormal di salah satu ginjal Anda mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak terkendali.

Ketika ini terjadi, sel-sel dapat tumbuh ke jaringan atau organ di sekitarnya dan dapat menyebar ke area lain dari tubuh.

Jenis kanker ginjal yang Anda miliki tergantung pada sel mana kanker itu dimulai, tetapi jenis kanker ginjal yang paling umum adalah kanker sel ginjal yang dimulai di dalam sel-sel yang melapisi tabung terkecil di nefron.

Misalnya, lebih dari 85 persen orang bertahan hidup selama lima tahun atau lebih setelah mereka didiagnosis menderita kanker ginjal stadium satu.

Namun, jika Anda didiagnosis menderita kanker ginjal stadium empat, hanya sekitar 10 persen pasien yang hidup selama lima tahun atau lebih.

Sayangnya, kebanyakan orang yang terdiagnosis kanker tidak memiliki gejala apapun.

Kanker ginjal biasanya didiagnosis secara kebetulan ketika pasien menjalani tes untuk hal-hal lain dan pemindaian mungkin menunjukkan bahwa mereka menderita kanker ginjal.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan memiliki gejala sama sekali.

Menurut NHS dan Cancer Research UK, jika Anda melihat warna urin Anda lebih gelap dari biasanya atau berwarna kemerahan, Anda bisa terkena kanker ginjal.

Istilah untuk ini adalah hematuria, dan ini adalah gejala paling umum dari kanker ginjal.

Menurut Cancer Research UK, ini bisa disebabkan oleh infeksi atau pembesaran prostat atau batu ginjal, jadi penting untuk menemui dokter umum Anda jika Anda melihat ada darah dalam urin Anda.

“Terkadang, darah tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi dapat diambil dengan tes urin sederhana.

Meskipun kanker ginjal seringkali terlalu kecil untuk dirasakan, Anda mungkin melihat benjolan atau pembengkakan di sisi tubuh Anda.

Jika ini masalahnya, pergilah langsung ke dokter Anda dan mereka akan merasakan benjolan atau mengatur pemindaian ultrasound untuk memeriksa kanker.

Sekitar 45 persen penderita kanker sel ginjal memiliki massa perut seperti ini, tetapi terkadang terlalu kecil untuk langsung dirasakan.

Gejala lain yang lebih samar dapat mencakup:

1. Penurunan berat badan
2. Suhu tinggi dan sangat banyak berkeringat
3. Rasa sakit di punggung Anda di satu sisi (di bawah tulang rusuk) yang tidak akan hilang
4. Kelelahan
5. Kehilangan selera makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro