Ilustrasi batu ginjal/Medicine.net
Health

Waspada! 8 Gejala Batu Ginjal, Cek Kondisi Anda Sekarang!

Feni Freycinetia Fitriani
Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baju ginjal merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ dalam tubuh. Simak 8 gejala penyakit batu ginjal dan cek kondisi tubuh Anda sekarang.

Batu ginjal merupakan kumpulan garam dan mineral keras yang sering terdiri dari kalsium atau asam urat. Batu tersebut terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.

Ukuran batu ginjal bervariasi, beberapa sekecil titik bahkan ada yang tumbuh hingga beberapa inci. Beberapa batu bisa menjadi sangat besar hingga memenuhi seluruh organ ginjal.

Jika berukuran lebih kecil, batu ginjal seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Anda mungkin tidak melihat ada yang salah sampai batu bergerak ke saluran kencing ke kandung kemih Anda.

Apabila ukurannya membesar, batu ginjal biasanya sangat menyakitkan. Kebanyakan batu akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, Anda mungkin memerlukan prosedur untuk memecah atau mengeluarkan batu yang tidak lolos.

Berikut delapan gejala dan tanda Anda mungkin memiliki batu ginjal seperti dilansir dari healthline.com, Minggu (10/10/2021).

1. Nyeri di punggung, perut, atau samping

Nyeri akibat batu ginjal sering dimulai secara tiba-tiba. Saat batu bergerak, rasa sakit mengubah lokasi dan intensitas.

Rasa sakit juga datang dan pergi dalam secara bertahap, yang diperburuk oleh kontraksi ureter saat mencoba mendorong batu keluar. Setiap tahap dapat berlangsung selama beberapa menit, menghilang, dan kemudian kembali lagi.

Anda akan merasakan sakit di sepanjang sisi dan punggung dan di bawah tulang rusuk. Ini mungkin menyebar ke daerah perut dan selangkangan Anda saat batu bergerak turun melalui saluran kemih.

2. Perih atau terasa terbakar saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil. Kondisi ini disebut dengan disuria.

Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau terbakar. Jika Anda tidak tahu memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengartikannya sebagai infeksi saluran kemih. Terkadang Anda bisa mengalami infeksi bersamaan dengan batu tersebut.

3. Urgensi buang air kecil

Apakah Anda sering ke kamar mandi karena terdesak atau lebih sering dari biasanya? Waspada, ini mungkin tanda lain bahwa batu telah pindah ke bagian bawah saluran kemih.

Anda mungkin buru-buru ke kamar mandi atau perlu pergi terus-menerus sepanjang hari dan malam. Urgensi untuk buang air kecil juga mirip gejala infeksi saluran kemih.

4. Darah dalam urin

Darah dalam urin adalah gejala umum pada orang dengan batu saluran kemih. Gejala ini juga disebut hematuria. Darah bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat. Terkadang sel darah terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop (disebut hematuria mikroskopis). Segera konsultasi ke dokter jika mengalami hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro