Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Jus Buah untuk Melindungi Tubuh dari Polusi Udara 

Berikut 3 minuman jus buah untuk melindungi tubuh dari polusi udara, yang disarankan oleh ahli gizi Kavita Devgan. Anda bisa membikinnya di rumah seperti dikutip dari Times of India, Selasa (9/11/2021). 
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 09 November 2021  |  13:11 WIB
3 Jus Buah untuk Melindungi Tubuh dari Polusi Udara 
Jus nanas dan daun mint bisa melindungi tubuh dari polusi udara - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks kualitas udara di ibu kota semakin memburuk seiring banyaknya orang yang kembali beraktivitas. Simak 3 minuman jus buah bisa melindungi tubuh dari polusi udara

Pasalnya, kualitas udara yang buruk bisa membayakan pernapasan. Semakin banyak orang yang mengunjungi dokter mengeluh sesak napas, merasa terbakar di area mata, sakit tenggorokan, serta batuk. 

Perlu diingat, butuh waktu agar air quality index (AQI) kembali normal. Anda juga disarankan tetap memakai masker agar terhindar dari polusi udara dan tentunya penularan virus Covid-19. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin atau jus buah untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

Berikut 3 jenis minuman untuk melindungi tubuh dari polusi udara, yang disarankan oleh ahli gizi Kavita Devgan. Anda bisa membikinnya di rumah seperti dikutip dari Times of India, Selasa (9/11/2021). 

1. Banana Smoothies

Minuman pertama yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh dari polusi udara, yaitu Banana Smoothies. Kadar potasium yang rendah terkait dengan sesak napas, bahkan lebih selama masa tercemar udara. Pisang dan air kelapa sama-sama kaya akan potasium. 

Sementara itu, jahe membantu menghilangkan polutan udara dari saluran udara sebelum mereka sempat mengiritasi paru-paru.

Untuk membuat Banana Smoothies, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini, yaitu pisang, sedikit parutan jahe, dan air kelapa. Setelah dipotong dan dicuci bersih, blender pisang, jus jahe, dan air kelapa. Anda bisa menambahkan es batu agar lebih segar. 

2. Jus Apel

Minuman jus apel membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi sesak karena quercetin dan khellin (keduanya flavonoid) yang ada di dalamnya. 

Kandungan tersebut membantu membuka saluran udara yang tersumbat dan amla membantu mengantarkan vitamin yang membantu menahan kerusakan jaringan paru-paru yang disebabkan oleh racun lingkungan.

Cara membuatnya sangat mudah. Cuci bersih buah apel, kupas kulitnya, lalu dipotong dadu. Blender hingga halus dan siap diminum. 

3. Jus Nanas dan Mint

Buah nanas memiliki enzim bromelain yang membantu membersihkan partikel beracun yang menumpuk di paru-paru. Bisa dikatakan nanas membantu detoksifikasi paru-paru secara alami.

Sementara itu, daun mint mengandung antihistamin yang bekerja sebagai penangkal gejala seperti hidung tersumbat, pembentukan lendir, dan bersin.

Cara membuatnya pun mudah. Kupas dan cuci bersih nanas lalu dipotong dadu. Bersihkan dan potek-potek daun mint, pastikan Anda membuang batangnya agar tidak pahit. Blender nanas, daun mint, dan beri air dingin dan es batu. Minuman ini segar dan enak rasanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polusi udara tips sehat Jus Buah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top