Pebalap MotoGP, Marc Marquez/Autosport
Health

Penyebab Diplopia, Penglihatan Ganda yang dialami Marc Marquez

Ni Luh Anggela
Rabu, 10 November 2021 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez dipastikan tidak akan berpartisipasi di Grand Prix Valencia akhir pekan mendatang, begitu pula dalam Tes IRTA Jerez yang dijadwalkan pada 18 dan 19 November.
 
Menurut laporan Motor Sport,  Marquez mengalami cedera setelah jatuh saat latihan off-road, dan absen di Grand Prix Algarve akhir pekan lalu karena menderita gegar otak.
 
Selama menjalani masa pemulihan seminggu  ini, Marquez dilaporkan menderita masalah pada penglihatannya. Dokter spesialis mata, dr Sanchez Dalmau yang memeriksa keadaannya, menyampaikan bahwa Marquez mengalami diplopia, yang sebagian besar diperparah oleh cedera lama. Pembalap itu juga mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat, dengan keterlibatan otot oblique superior kanan.
 
Diplopia atau yang dikenal dengan penglihatan ganda adalah suatu kondisi ketika seseorang melihat dua gambar, bukan satu. Normalnya, mata Anda, otot yang menggerakkannya, saraf yang mengirim gambar ke otak dan otak Anda, semuanya bekerjasama. Apabila salah satu dari mereka mengalami gangguan, ini dapat menyebabkan penglihatan ganda.
 
Kondisi ini dapat terjadi pada satu atau kedua mata Anda.
 
Berbagai kondisi seperti masalah kornea atau lensa mata dapat menyebabkan penglihatan ganda. Selain itu, penyebab lainnya dapat dipicu oleh masalah-masalah berikut ini, melansir Stanford Health Care, Rabu (10/11/2021)

1. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah kornea

Kornea adalah lapisan bening yang menutupi bagian depan mata Anda, yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata. Masalah pada kornea mendistorsi permukaannya, sehingga menyebabkan penglihatan ganda.
 
Masalah tersebut termasuk astigmatisme, mata kering, infeksi seperti herpes zoster atau herpes zoster, dan bekas luka yang disebabkan oleh penyakit, cedera atau infeksi.

2. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah lensa

Untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke retina, lensa bekerjasama dengan kornea. Lensa terletak di belakang pupil dan berubah bentuk saat fokus. Katarak adalah masalah lensa paling umum, yang dapat menyebabkan penglihatan ganda.

3. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah otot mata

Enam otot di rongga mata Anda bertugas untuk mengontrol gerakan mata ke atas, ke bawah, ke setiap sisi dan dalam rotasi. Masalah pada otot ekstraokular ini termasuk kelemahan atau kelumpuhan yang mencegah satu mata bergerak dalam koordinasi dengan mata lainnya. Masalah otot mata meliputi penyakit graves, dan strabismus (mata tidak sejajar).

4. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah saraf

Saraf kranial merupakan saraf yang menghubungkan otak ke otot mata untuk mengontrol gerakan mata. Beberapa kondisi  seperti diabetes, sindrom Guillain-Bare, miastenia gravis dan multiple sclerosis dapat merusak saraf kranial ini dan menyebabkan penglihatan ganda.

5. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah otak

Beberapa area di dalam otak memroses informasi visual yang dikirimkan oleh mata melalui saraf. Apabila area ini mengalami cedera atau terserang penyakit, penglihatan ganda dapat terjadi. Beberapa kondisi otak seperti aneurisme otak, tumor otak, migraine, tekanan di dalam otak akibat pendarahan, infeksi atau trauma, serta stroke dapat menyebabkan penglihatan ganda.

6. Penglihatan ganda yang disebabkan oleh masalah arteritis temporal

Arteritis temporal terjadi ketika arteri di dekat pelipis  meradang, sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah. Ketika pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk nutrisi mata mengalami penurunan aliran darah, suatu kondisi yang dikenal sebagai neuropati optik iskemik anterior dapat berkembang.
 
Anda mungkin akan mengalami gangguan penglihatan dan gejala lainnya seperti kehilangan penglihatan, penglihatan kabur, penglihatan ganda, pusing, sakit kepala terus menerus dan kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro