Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jam Tidur Ideal agar Jantung Sehat

Tidur adalah cara terbaik untuk bersantai dan meremajakan tubuh Anda. Inilah yang menghilangkan semua stres fisik dan mental dan mengurangi risiko berkembangnya berbagai penyakit, termasuk komplikasi kardiovaskular.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 November 2021  |  13:57 WIB
Ilustrasi mimpi saat tertidur - Freepik.com
Ilustrasi mimpi saat tertidur - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur adalah cara terbaik untuk bersantai dan meremajakan tubuh Anda. Inilah yang menghilangkan semua stres fisik dan mental dan mengurangi risiko berkembangnya berbagai penyakit, termasuk komplikasi kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada waktu yang optimal untuk tidur untuk memastikan jantung yang sehat.

Menurut sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini, tidur antara jam 10 malam dan jam 11 malam, adalah waktu terbaik untuk kesehatan jantung.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam European Heart Journal, mengumpulkan data dari lebih dari 88.000 peserta berusia 43 hingga 79 tahun dalam studi Biobank Inggris, yang setuju untuk memantau waktu tidur dan bangun mereka selama 7 hari menggunakan akselerometer.

Selain itu, para relawan menjalani berbagai penilaian fisik, demografi, gaya hidup dan kesehatan.

Studi ini menemukan bahwa orang yang tidur sebelum jam 10 malam. dan lebih dari jam 11 malam dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular daripada mereka yang tidur antara jam 10-11 malam. Juga, hubungan antara waktu tidur dan risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi pada wanita.

Kurang tidur sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes. Oleh karena itu, para peneliti di masa lalu telah menekankan perlunya setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari.

Demikian pula, temuan terbaru menunjukkan kemungkinan hubungan antara onset tidur dan risiko kardiovaskular.

Dr. David Plans, penulis studi dan dosen senior dalam ilmu saraf organisasi di University of Exeter mengatakan, studi mereka menunjukkan bahwa waktu optimal untuk tidur adalah pada titik tertentu dalam siklus 24 jam tubuh dan penyimpangannya. dapat mengganggu kesehatan.

"Waktu paling berisiko adalah setelah tengah malam, berpotensi karena dapat mengurangi kemungkinan melihat cahaya pagi, yang mengatur ulang jam tubuh," tambahnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bagaimana waktu tidur yang optimal cocok dengan ritme sirkadian dan paparan siang hari. “Meskipun kami tidak dapat menyimpulkan penyebab dari penelitian kami, hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin lebih mungkin mengganggu jam tubuh dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan jantung,” jelas Dr. Plan.

Namun, pukul 10 malam. sampai jam 11 malam jendela tidur yang ideal mungkin tidak berlaku untuk semua orang, menuntut penelitian lebih lanjut.

Menurut Dr. Sanjay Bhat, Konsultan Senior - Kardiologi Intervensi, Rumah Sakit Aster CMI, Bengaluru mengatakan bahwa tidak ada waktu yang tepat untuk tidur.

"Tidur yang tepat selama 8 jam tanpa gangguan sangat penting untuk jantung yang sehat dan fungsi tubuh yang sehat," katanya.

Selain itu, seseorang tidak boleh mengonsumsi alkohol atau pil tidur untuk membantu tidur lebih nyenyak. Jika seseorang mengalami insomnia atau sering bangun atau masalah pernapasan di malam hari, disarankan untuk segera mencari bantuan atau saran medis, jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top