Perlemakan hati/istimewa
Health

Minuman Ini dapat Meningkatkan Risiko Sakit Liver Lho, Yuk Hindari

Ni Luh Anggela
Selasa, 16 November 2021 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hati atau liver merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menghancurkan racun dalam darah hingga membantu proses pencernaan. Menjaganya tetap sehat dapat membuat hati berfungsi dengan baik. Sebab, jika tidak dijaga dengan baik Anda mungkin akan mengalami kondisi kesehatan yang serius, salah satunya penyakit lemak hati atau hati berlemak.
 
Mengutip Halodoc, penyakit hati berlemak adalah suatu kondisi dimana lemak menumpuk di hati  dengan dua penyebab: alkohol dan non-alkohol.
 
Sebuah penelitian yang baru diterbitkan menyebutkan bahwa  penyakit hati berlemak bisa Anda cegah dengan mengurangi minuman manis.
 
Melansir Eat This, Selasa (16/11/2021), para peneliti menyatakan bahwa mereka melakukan studi observasional prospektif terhadap peserta dari kohort generasi ketiga dan keturunan Framingham Heart Study (FHS). Sampel ini telah diperiksa sejak sekitar tahun 2002.
 
Fase ini mengamati 1.636 keturunan dari kelompok studi asli. Usia rata-rata peserta ‘keturunan’ adalah 63 tahun, sedangkan usia rata-rata kelompok generasi ketiga adalah 48 tahun. Lima puluh dua persen dari kelompok ini adalah wanita.
 
Para peserta kemudian melaporkan frekuensi mereka minum minuman manis atau soda, dan para peneliti menimbang laporan diri ini terhadap kejadian penyakit hati berlemak non-alkohol. Menurut National Institute of Health (NIH), penyakit hati berlemak non-alkohol mungkin tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, tetapi dapat menyebabkan pembesaran hati yang menyebabkan rasa sakit.
 
Menurut bagian dari Framingham Heart Study ini, penyakit hati berlemak non-alkohol dapat dicegah dengan mengurangi minuman manis.
 
Seperti yang dilaporkan para peneliti, mereka yang melaporkan minum minuman manis dimana saja antara lebih dari sekali  sehari hingga lebih dari sekali seminggu, memiliki kemungkinan dua setengah kali lebih besar untuk penyakit hati berlemak non-alkohol, dibandingkan mereka yang tidak.
 
Mereka yang sesekali minum minuman manis, yaitu antara sebulan sekali hingga kurang dari sekali seminggu, juga melihat adanya peningkatan lemak hati yang lebih merugikan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minuman manis, menurut laporan para peneliti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro