Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Gejala Anemia dan Cara Mengatasinya Bagi Perempuan

Banyak kasus anemia khususnya pada perempuan tidak diobati, sehingga berakhir pada komplikasi penyakit serius dan berujung kematian.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  09:33 WIB
Anemia bisa menyebabkan kelelahan, pusing dan kehilangan nafsu makan. - ilustrasi
Anemia bisa menyebabkan kelelahan, pusing dan kehilangan nafsu makan. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Anemia bisa menyebabkan kelemahan, kelelahan, pusing, dan kehilangan nafsu makan. Anemia bisa menandakan Anda banyak penyakit yang lebih parah bisa muncul.

Dokter Pratima Thamke, Konsultan Obstetrician & Gynaecologist, Motherhood Hospital, Kharghar, memberi tahu penderita anemia akan mengalami gejala seperti kelelahan, lemas, kulit kuning, kulit pucat, rambut rapuh, kehilangan nafsu makan, jantung berdebar, sesak napas, pusing atau pening, nyeri dada, tangan dan kaki dingin, bahkan sakit kepala.

“Begitu Anda merasakan gejala-gejala tersebut, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter dan mencari pengobatan tepat waktu. Menunda pengobatan anemia bisa memperburuk kondisi. Waspadalah dan jangan abaikan gejala apapun,” kata Thamke.

Anemia muncul saat hemoglobin dalam sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Ini disebabkan oleh hemoglobin yang rendah karena berbagai alasan atau hemoglobin yang rusak.

Ada banyak kasus anemia yang tidak dilaporkan, khususnya pada perempuan, sehingga berakhir pada komplikasi penyakit serius dan berujung kematian.

Simak cara mencegah anemia:

1. Saat sedang menstruasi, maka segeralah konsultasi ke dokter. Diskusikan juga ke dokter, bila Anda sedang mengalami masalah pencernaan, diare atau ada darah di tinja.

2. Konsumsilah makanan kaya zat besi seperti ayam, sayuran berdaun gelap, dan kacang-kacangan yang penuh dengan zat besi. Konsumsilah jus jeruk, stroberi, brokoli, atau buah dan sayuran lain dengan vitamin C yang tinggi.

3. Jangan mengonsumsi kopi dan teh. Saat sedang anemia, sebaiknya tidak mengonsumsi teh dan kopi, karena dua jenis minuman ini sulit membuat tubuh menyerap zat besi.

4. Anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin B12. Anemia akibat penyakit kronis dapat dikelola dengan bantuan dokter yang akan menyarankan pengobatan yang tepat.

5. Bagi para perempuan, harus memasukkan makanan kaya zat besi seperti sayuran berdaun hijau, buah jeruk, paprika merah dan kuning. Brokoli, biji labu, kacang mete, pistachio, biji bunga matahari, salmon, kacang merah, buncis, kedelai, kacang polong, buncis, bit, ubi jalar, kacang polong, dan bahkan biji wijen dapat membantu Anda mencegah anemia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

darah anemia Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top