Ilustrasi/Sheknows
Health

4 Alasan Anda Harus Menjaga Kebersihan Gigi, Bisa Picu Penyakit Serius

Ni Luh Anggela
Senin, 6 Desember 2021 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua bagian tubuh kita bergantung satu sama lain. Bila ada salah satu bagian yang bermasalah, maka bagian lain tubuh juga akan merasakan dampaknya.

Salah satu area tubuh yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan adalah gigi. Ini karena kesehatan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan yang tidak kita duga.

Sebagai informasi, gigi yang sehat memiliki sekitar 1.000 hingga 100.000 bakteri yang hidup di dalamnya. Sedangkan, gigi yang kotor dapat menampung hingga 1 miliar bakteri! Mengerikan bukan?

Melansir Eat This, Senin (6/12/2021), berikut empat alasan mengapa Anda harus menjaga kebersihan gigi dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

1. Risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit periodontal memengaruhi tulang dan gusi di sekitar gigi, dan penelitian telah menghubungkannya dengan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 11.750 orang dewasa yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension, para peneliti menemukan bahwa setengah dari orang yang dirawat karena tekanan darah tinggi juga dilaporkan memiliki penyakit gusi.

Para ilmuwan berpikir, peradangan pada gusi dapat memicu atau memperburuk peradangan di area lain dari tubuh, termasuk arteri.

Menurut Mayo Clinic, meskipun hubungannya tidak sepenuhnya dipahami, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke mungkin terkait dengan peradangan dan infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri mulut.

2. Kesehatan otak

Tahukah Anda, semakin banyak gigi yang tanggal, semakin besar risiko seseorang terkena demensia atau penurunan kognitif?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMDA: The Journal of Post-Acute and Long Term Care Medicine menemukan bahwa untuk setiap gigi yang tanggal, seseorang memiliki risiko 1,1 persen lebih besar terkena demensia dan risiko 1,4 persen lebih besar mengalami penurunan kognitif. Hubungan antara gigi yang tanggal dan masalah otak mungkin melibatkan nutrisi, paparan bakteri mulut atau status sosial ekonomi.

Meskipun demikian, ini adalah pengingat yang baik untuk selalu memeriksakan gigi Anda secara teratur dan mengutamakan kesehatan mulut Anda.

3. Risiko pneumonia

Selain dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, ternyata kesehatan mulut yang tidak terjaga dengan baik dapat memengaruhi paru-paru Anda. Hal ini diakibatkan oleh bakteri yang ada di mulut.

Menurut Mayo Clinic, bakteri tertentu yang ada di mulut Anda dapat masuk ke paru-paru Anda, menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya.

4. Rasa sakit kronis dan kekurangan gizi

Efek alami dari waktu dan keausan pada gigi dapat menyebabkan keretakan, gigi berlubang dan penumpukan plak. Apabila Anda mengabaikan kunjungan rutin ke dokter gigi, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit kronis. Karena rasa sakit ini, Anda mungkin tidak dapat makan dengan benar sehingga Anda berpotensi kekurangan gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro