Ilustrasi pria berhenti merokok/Freepik
Health

10 Cara Mengatasi Kelelahan, Tanpa Suplemen dan Obat-obatan!

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 6 Desember 2021 - 21:01
Bagikan

Setop Konsumsi Alkohol hingga Berhenti Merokok

6. Setop Konsumsi Alkohol

Alkohol membuat tubuh Anda kehilangan keseimbangan dan menyebabkan kurang tidur, terutama jika Anda mengalami dehidrasi. Meskipun alkohol tampaknya membantu Anda tertidur, Anda tidak akan tidur nyenyak.

Jika Anda memang memiliki alkohol, minumlah secukupnya, dan cobalah untuk menjalani hari-hari bebas alkohol sebanyak mungkin.

7. Atasi Alergi

Bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh Anda untuk memerangi reaksi alergi dapat menyebabkan Anda merasa lelah. Mereka dapat menyebabkan peradangan pada sinus, saluran udara, atau sistem pencernaan Anda. Kemacetan kepala dan hidung yang menyertai dapat menyebabkan Anda kurang tidur.

Hindari alergen yang diketahui sebanyak mungkin. Buat buku harian dan cobalah diet untuk membantu mengidentifikasi pemicu alergi.

8. Mengurangi Stres

Stres dapat membuat Anda kehilangan energi mental dan fisik yang dibutuhkan untuk menjalani hari Anda dengan mudah. Hormon stres dapat memiliki efek negatif pada pola tidur, sistem tubuh, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kurangi stres dengan cara apa pun yang membuat Anda rileks. Pergi ke spa untuk perawatan yang memanjakan atau latihan mindfulness seperti yoga serta meditasi merupakan pilihan yang bagus.

9. Konsultasi dengan Ahli

Periksa diri Anda untuk menentukan pola mental apa yang mungkin menyebabkan tingkat energi rendah. Gejala kecemasan termasuk merasa khawatir, mudah tersinggung, dan gugup.

Gejala depresi meliputi perasaan sedih, gelisah, dan putus asa. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan pola tidur yang tidak sehat dan menyebabkan kelelahan.

Pertimbangkan untuk menemui psikolog atau psikiater berkonsultasi. Salah satunya dengan melakukan terapi perilaku kognitif (CBT). Metode ini membantu Anda untuk mengetahui akar penyebab masalah emosional sehingga dapat diatasi.

10. Berhenti Merokok

Merokok dapat menguras energi Anda dengan mengurangi kadar oksigen sehingga membuat Anda sulit bernapas. Berhenti merokok adalah tujuan yang dapat dicapai.

Pertimbangkan untuk mencoba salah satu dari banyak aplikasi berhenti merokok yang tersedia. Temukan tips dari orang-orang yang berhasil berhenti merokok. Buat jurnal sehingga Anda dapat memiliki semacam refleksi batin selama waktu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro