Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Fakta Film Yuni, Sabet Banyak Penghargaan Bergengsi

Yuni mulai tayang di bioskop pada Kamis (9/12/2021) ini. Berikut sederet fakta menarik di balik penggarapannya.
1

Sederet Fakta Menarik Film Yuni

Film Yuni
Film Yuni
Bagikan

1. Proyek film diinisiasi pada 2017

Melalui akun Instagram-nya, Ifa Isfansyah selaku produser mengatakan bahwa proyek ini diinisiasi pada 2017. Kala itu, asisten rumah tangga mereka yang masih cukup muda pamit untuk pulang kampung.

Sang asisten berkata bahwa ia bakal segera menjadi seorang nenek karena anaknya yang masih belasan tahun akan melahirkan setelah menikah di usianya yang masih sangat muda.

Hal tersebut lantas membuat Kamila Andini, yang mana merupakan istri Ifa Isfansyah, terdorong mengangkat isu nikah muda dalam filmnya.

2. Menggunakan bahasa daerah

Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah dialek yang digunakan, yakni Jaseng atau Jawa-Serang. Pemilihan dialek tersebut oleh Kamila Andini didasarkan pada minimnya film panjang yang menggunakan bahasa daerah Banten, bahkan nyaris tidak ada.

3. Kerja sama dengan rumah produksi luar negeri

Film produksi Fourcolours Films dan Starvision Plus digarap bersama Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Perancis), dan Kedai Film (Indonesia), serta didukung oleh Cercamon World Sales.

Tak hanya itu, Yuni juga memperoleh dukungan pendanaan dari Infocomm Media Development Authority (IMDA), Singapore Film Comission, Aide Aux Cinémas Du Monde CNC France, Visions Sud Est Switzerland, Purin Pictures Thailand, MPA-APSA Academy Film Fund Australia dan terseleksi menjadi bagian dari Torino Film Lab di Italia.

4. Tayang perdana di festival film

Sebelum diputar di bioskop, film ini telah tayang perdana di Festival Film Internasional Busan 2021 dalam program A Window on Asian Cinema. Ia tayang bersama sejumlah film Indonesia lain, di antaranya Penyalin Cahaya, Laut Memanggilku, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

5. Sabet penghargaan bergengsi

Tak sekedar menjadi nominasi dalam 14 kategori penghargaan di ajang Festival Film Indonesia 2021, Yuni juga sukses menyabet Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021, dan penghargaan Platform Prize di Festival Film Internasional Toronto 2021.

6. Terpilih mewakili Indonesia di Piala Oscar 2022

Komite Seleksi Oscar Indonesia menjadikan film YUNI sebagai perwakilan resmi yang akan berlaga di ajang Piala Oscar yang ke-94.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film indonesia Sinopsis Film
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top