Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Obat Alami untuk Sembuhkan Asam Urat

Namun, jika sakit asam urat Anda sangat tiba-tiba atau intens, hubungi dokter Anda sebelum mencoba salah satu pengobatan di bawah ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 Desember 2021  |  11:31 WIB
Asam urat
Asam urat

Bisnis.com, JAKARTA -  Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis, meskipun ada beberapa perbedaan yang jelas.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Beberapa pengobatan alami dapat membantu. Namun, jika sakit asam urat Anda sangat tiba-tiba atau intens, hubungi dokter Anda sebelum mencoba salah satu pengobatan di bawah ini.

1. Ceri atau jus ceri asam

Menurut survei, ceri apakah asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi berhasil bagi banyak orang.

Satu studi 2012 dan lainnya pada tahun yang sama juga menyarankan ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

Penelitian ini merekomendasikan tiga porsi bentuk ceri apa pun selama periode dua hari, yang dianggap paling efektif.

2. Magnesium

Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa mengklaim itu baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh, meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Namun, sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Ini berlaku untuk pria tetapi tidak untuk wanita dalam penelitian ini.

Cobalah mengonsumsi suplemen magnesium, tetapi baca petunjuk label dengan cermat. Atau, makan makanan kaya magnesium setiap hari. Hal ini dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang.

3. Jahe

Jahe adalah makanan kuliner dan ramuan yang diresepkan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk membantu asam urat didokumentasikan dengan baik.

Satu studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat pada asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serum mereka dikurangi dengan jahe. Tetapi subjeknya adalah tikus, dan jahe diambil secara internal daripada topikal.

Buat kompres atau tempel jahe dengan merebus air dengan 1 sendok makan jahe segar parut. Rendam kain lap dalam campuran tersebut. Saat dingin, oleskan waslap ke area di mana Anda mengalami rasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Iritasi kulit mungkin terjadi, jadi yang terbaik adalah melakukan tes pada sepetak kecil kulit terlebih dahulu.

Ambil jahe secara internal dengan air mendidih dan seduhan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 cangkir per hari.

Interaksi dimungkinkan. Beri tahu dokter Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi jahe dalam jumlah besar.

3. Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan secara anekdot untuk asam urat. Bersama-sama, mereka membuat minuman dan obat yang menyenangkan.

Tidak ada penelitian kuat yang mendukung cuka sari apel untuk asam urat, meskipun penelitian menunjukkan itu dapat mendukung ginjal. Jika tidak, penelitian menjanjikan jus lemon dan kunyit untuk menurunkan asam urat.

Campurkan jus dari satu perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali sehari.

4. Seledri

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah kencing. Untuk asam urat, ekstrak dan biji sayuran telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Penggunaan eksperimental terdokumentasi dengan baik, meskipun penelitian ilmiah masih sedikit. Diperkirakan seledri dapat mengurangi peradangan.

Jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat tidak didokumentasikan. Cobalah makan seledri berkali-kali dalam sehari, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji-bijian.

Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat.

5. teh jelatang

Jelatang (Urtica dioica) adalah obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Penggunaan tradisional sering disebut dalam studi. Masih belum ada penelitian yang secara langsung membuktikan itu berhasil. Satu studi menunjukkan itu melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan, dan cedera ginjal disebabkan oleh pemberian gentamisin, antibiotik.

Untuk mencoba teh ini, seduh secangkir dengan air mendidih. Curam 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minum hingga 3 cangkir per hari.

6. Dandelion

Teh dandelion, ekstrak, dan suplemen digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal.

Mereka dapat menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko mengalami cedera ginjal, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian tahun 2013 dan penelitian tahun 2016, tetapi ini dilakukan pada tikus. Dandelion tidak terbukti membantu asam urat.

Anda dapat menggunakan teh dandelion, ekstrak, atau suplemen. Ikuti petunjuk label dengan cermat.

7. Biji milk thistle

Milk thistle adalah ramuan yang digunakan untuk kesehatan hati.

Sebuah studi tahun 2016 menyarankan itu dapat menurunkan asam urat di tengah kondisi yang dapat melukai ginjal, dan studi lain dari tahun 2013 mendukungnya. Namun, kedua penelitian tersebut dilakukan pada tikus.

Ikuti petunjuk dosis pada suplemen milk thistle dengan hati-hati atau diskusikan dengan dokter Anda.

8. Kembang sepatu

Hibiscus adalah taman bunga, makanan, teh, dan obat herbal tradisional.

Ini mungkin obat tradisional yang digunakan untuk mengobati asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.

Gunakan suplemen, teh, atau ekstrak. Ikuti petunjuk label dengan cermat.

Aplikasi dingin atau panas topikal
Menerapkan air dingin atau panas ke sendi yang meradang mungkin juga efektif.

Studi dan pendapat tentang ini beragam. Berendam dalam air dingin paling sering direkomendasikan dan dianggap paling efektif. Paket es juga bisa berfungsi.

Berendam dalam air panas biasanya hanya disarankan ketika peradangan tidak terlalu parah.

Aplikasi panas dan dingin bergantian juga dapat membantu.

9. Apel

Situs kesehatan alami mungkin merekomendasikan apel sebagai bagian dari diet penurun asam urat. Klaim: Apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung hal ini untuk asam urat. Apel juga mengandung fruktosa, yang dapat memicu hiperurisemia, yang menyebabkan penyakit asam urat.

Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.

10. Pisang

Pisang dianggap baik untuk asam urat. Mereka kaya potasium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa, yang bisa menjadi pemicu asam urat. Banyak makanan yang lebih tinggi kalium dan lebih rendah gula daripada pisang, seperti sayuran berdaun gelap dan alpukat.

Makan satu pisang per hari untuk mendapatkan manfaat. Belum ada penelitian yang mendukung manfaat pisang untuk asam urat.

11. garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Epsom untuk mencegah serangan asam urat.

Idenya adalah bahwa garam Epsom kaya akan magnesium, yang dapat menurunkan risiko asam urat. Namun, penelitian menunjukkan magnesium tidak dapat diserap secara memadai melalui kulit untuk memberikan manfaat kesehatan apa pun.

Untuk mencoba garam Epsom, campurkan 1 hingga 2 cangkir di bak mandi Anda. Rendam seluruh tubuh Anda atau hanya sendi tertentu untuk menghilangkan gejala.

Tips lain untuk mengurangi serangan asam urat

1. Hilangkan pemicu diet

Diet sering erat kaitannya dengan kambuhnya asam urat dan nyeri. Menghindari pemicu dan menjaga diet asam urat yang baik adalah obat penting dalam dan dari dirinya sendiri.

Studi menunjukkan daging merah, makanan laut, gula, dan alkohol adalah pemicu yang paling mungkin. Pilihlah buah-buahan rendah gula, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

2. Sering minum

Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat dan serangan asam urat.

Pastikan untuk tetap terhidrasi dan minum banyak air, yang dapat membantu untuk asam urat. Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa itu dapat menggantikan perawatan asam urat.

3. Beristirahatlah yang banyak

Serangan asam urat dapat mengganggu pergerakan dan mobilitas.

Untuk menghindari gejala yang memburuk, rileks dan tetap diam saat persendian meradang. Hindari berolahraga, menahan beban berat, dan menggunakan persendian secara berlebihan, yang dapat memperburuk rasa sakit dan durasi serangan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat herbal asam urat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top