Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Varian Omicron Masuk Indonesia, Ini 4 Upaya Pencegahan

Berikut 4 upaya pencegahan agar tidak tertular varian Omicron seperti dikutip dari situs CDC Amerika Serikat, Kamis (16/12/2021).
Tresia
Tresia - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  13:40 WIB
Batuk merupakan salah satu gejala Covid-19 - Freepik
Batuk merupakan salah satu gejala Covid-19 - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengumumkan varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Ini 4 upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa salah satu dari tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta positif Omicron setelah dilakukan Genome Sequencing.

“Kemenkes tadi malam mendeteksi ada pasien N terkonfirmasi Omicron per 15 Desember 2021,” kata Menkes melalui konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Bedasarkan studi terbaru, varian Omicron kemungkinan besar akan menyebar lebih mudah daripada virus SARS-CoV-2. Namun, seberapa mudah Omicron menyebar dibandingkan dengan Delta masih belum diketahui.

Para ilmuwan kini terus berupaya untuk menentukan seberapa baik perawatan yang ada untuk menangani kasus Covid-19. Berdasarkan susunan genetik Omicron yang berubah, beberapa perawatan cenderung tetap efektif sementara yang lain mungkin kurang efektif.

Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan lebih banyak data agar dapat mengetahui pemahaman tentang infeksi virus varian Omicron, dan terutama infeksi ulang dan infeksi terobosan pada orang yang divaksinasi lengkap, menyebabkan penyakit atau kematian yang lebih parah daripada infeksi varian lain.

Berikut 4 upaya pencegahan agar tidak tertular varian Omicron seperti dikutip dari situs CDC Amerika Serikat, Kamis (16/12/2021).

1. Vaksin Covid-19 Lengkap

Sejauh ini, para tenaga ahli kesehatan masih tetap menyarankan untuk segera melakukan vaksin lengkap Covid-19 dosis 1 dan 2, termasuk vaksin dosis ketiga atau booster bagi pasien yang membutuhkan.

Vaksin Covid-19 dinilai sebagai pertahanan sistem imunitas tubuh. Selain itu, vaksin Covid-19 juga mampu mengurangi resiko gejala yang parah bahkan kematian.

2. Pakai Masker

Memakai masker akan melindungi organ terpenting tubuh dari infeksi varian Omicron. Pasalnya, udara yang dihirup oleh hidung adalah tempat pertama yang mudah terpapar virus Corona varian apapun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa masker medis tiga lapis yang baik adalah terdiri dari lapisan luar yang kedap air pada bagian depan, lapisan penyaringan dengan kerapatan tinggi pada bagian tengah, dan lapisan penyerap cairan berukuran besar untuk menyerap cairan keluar ketika batuk atau bersin pada bagian dalam.

Selain itu, CDC menganjurkan agar masyarakat memakai masker dobel untuk menghalau virus Corona. Masker bedah atau medis di dalam dan masker kain di luar.

3. Sering Cuci Tangan

Kebiasaan menerapkan kebersihan agar dapat melindungi diri dari paparan virus Corona, terutama varian Omicron. Anda sebaiknya sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah atau sebelum melakukan aktivitas dapat membantu mengurangi resiko terpapar virus Corona.

Selain itu, jangan terbiasa menyentuh wajah dengan tangan bila belum mencuci dengan sabun dan air bersih.

4. Menjaga Jarak

Ketika anda sedang berada dikeramaian atau tempat umum, cobalah untuk tetap menjaga diri anda agar tidak terlalu dekat dengan orang-orang yang berada ditempat tersebut.

Menjaga jarak minimal 1- 2 meter, dapat melindungi anda dari paparan virus Corona yang tidak terlihat jelas dengan mata anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin kemenkes Covid-19 omicron
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top