Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Formula Untuk Anak

Susu kambing formula bisa menjadi pilihan tepat bagi orang tua, apalagi jika melihat dari kandungan dalam susu kambing.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  16:59 WIB
Susu kambing - Istimewa
Susu kambing - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memberikan susu formula menjadi salah satu cara menjaga pertumbuhan anak secara maksimal. Salah satu susu formula yang bisa dipilih ialah susu kambing formula sebagai alternatif susu sapi formula.

Susu sapi formula mungkin banyak ditemukan di minimarket hingga toko kelontong di dekat rumah. Namun, tidak semua susu sapi cocok untuk anak. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan anak mengalami alergi terhadap susu sapi.

Dr. Liz Carpenter, salah satu ahli nutrisi, menjelaskan susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak.

Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi.

“Berdasarkan hasil uji klinis yang kami lakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat,” katanya.

Liz Carpenter menjelaskan terdapat sejumlah perbedaan susu kambing dan susu sapi. Pertama, dari komposisi protein di mana susu kambing lebih dominan protein A2 beta casein, sementara susu sapi pada umumnya mengandung lebih banyak alfa casein, yang diketahui berkaitan dengan alergi susu sapi.

Kedua, lemak susu kambing mengandung asam lemak rantai sedang/Medium Chain Fatty Acid (MCFA) yang lebih cepat dicerna dan digunakan sebagai sumber energi.

Direktur Orient EuroPharma Indonesia produsen Karihome, Yohanes Peter Wijaya mengatakan bahwa susu kambing formula Karihome merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-operative, produsen susu asal New Zealand, yang telah bermitra dengan OEP sejak 30 tahun yang lalu.

“Produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard. Harga susu kambing formula Karihome, katanya, berkisar Rp300.000.

Keith Arnold, selaku Farm Shareholder Service Manager DGC menjelaskan proses pembuatan susu kambing formula Karihome. Dia menyebutkan susu kambing diperah di peternakan dan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan.

“Tujuannya agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi susu formula susu formula bayi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top