Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggota DPR Ajak Pemda Fokus Capai Target Vaksinasi Covid-19

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi menyebutkan bahwa peran Pemda dinilai sangat besar dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  13:09 WIB
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang pelajar di gedung Taman Budaya, Banda Aceh, Aceh, Senin (6/12/2021). Pemerintah akan melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster/penguat secara paralel pada Januari 2022 kepada masyarakat secara gratis dan sebagian lainnya berbayar. ANTARA FOTO/Ampelsa - wsj.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang pelajar di gedung Taman Budaya, Banda Aceh, Aceh, Senin (6/12/2021). Pemerintah akan melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster/penguat secara paralel pada Januari 2022 kepada masyarakat secara gratis dan sebagian lainnya berbayar. ANTARA FOTO/Ampelsa - wsj.

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi meminta pemerintah daerah (Pemda) fokus mengecar tercapainya target vaksinasi Covid-19.

Nurhadi menyebutkan bahwa peran Pemda dinilai sangat besar dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19.

"Tentu kunci ini semua ada di daerah dengan dikomandani Kemenkes dan Satgas Covid-19. Mobilitas masyarakat kita cukup tinggi, jadi daerah harus benar-benar fokus agar pencapaian vaksinasi maksimal," kata Nurhadi seperti dilansir Antara, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, pemerintah perlu terus melakukan upaya agar kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi tinggi, kesadaran protokol kesehatan, dan hidup bersih berjalan. Dia menilai koordinasi dan konsolidasi antara pusat dan daerah harus dipastikan berjalan baik.

"Momentum kenaikan Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian bersama kita dan jangan sampai ada lagi korban akibat Covid-19," kata dia.

 Dia menilai pentingnya memiliki strategi mengenai akselerasi vaksinasi di setiap daerah, sedangkan mengenai Indonesia yang berhasil masuk dalam jajaran 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia merupakan kabar baik dan harus diapresiasi.

"Meskipun kita harus terus melakukan vaksinasi sampai 100 persen, karena itu kita terus mendorong pemerintah untuk terus fokus terkait vaksinasi," lanjutnya.

Ahli Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan menilai masuknya Indonesia kedalam daftar 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia merupakan sebuah prestasi.

Prestasi tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk mencegah lonjakan kasus, hospitalisasi, dan kematian akibat Covid-19, katanya.

 "Peran pemda sangat besar dalam kesuksesan program vaksinasi. Masyarakat umumnya lebih mendengarkan pendapat dari pemda dan tokoh agama atau tokoh masyarakat setempat terkait informasi vaksinasi," kata Iwan.

Iwan mengatakan di tengah ancaman varian Omicron, peran vaksinasi semakin penting karena vaksinasi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kasus COVID-19 berat dan kematian.

Dia menilai perlu ditelaah kabupaten atau kota yang cakupan vaksinasinya masih rendah tetapi stok vaksin masih banyak.

"Perlu diketahui masalahnya dan diselesaikan bersama antara pemerintah pusat dan daerah," ujarnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top