Ginjal sehat/boldsky.com
Health

Lelah hingga Nyeri Punggung, Ini 5 Gejala Kanker Ginjal

Ni Luh Anggela
Selasa, 25 Januari 2022 - 09:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kanker dapat terjadi pada organ tubuh manapun, termasuk di ginjal. Kanker ginjal adalah kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel-sel secara abnormal dan tak terkendali pada organ ginjal, sehingga membentuk massa atau tumor.

Di Indonesia, setidaknya terdapat 2.394 kasus baru kanker ginjal dan 1.358 kematian akibat kanker ginjal pada tahun 2020, menurut data Indonesia Cancer Care Community (ICCC). Diketahui lebih dari separuh pasien dengan kanker ginjal didiagnosis pada stadium lanjut.

Penyakit yang diketahui lebih sering terjadi pada pria ini terkadang memiliki gejala yang tidak jelas, dan seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan lain.

Akan tetapi, Ahli Onkologi Natalie menyebutkan setidaknya ada lima tanda peringatan dini yang bisa Anda waspadai.

“Semua gejala ini bisa menjadi tanda kanker ginjal, oleh karena itu jika Anda khawatir, segera berkonsultasi dengan dokter Anda,” saran Natalie, melansir Express, Selasa (25/1/2022).

Lantas apa saja lima gejala dari kanker ginjal? Berikut gejala-gejalanya.

1. Hematuria atau darah dalam urin

Hematuria adalah gejala umum yang terkait dengan kanker ginjal. Apabila Anda melihat ada perubahan warna pada urin Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Biasanya, darah dalam urin disebabkan oleh infeksi ringan, yang bisa diobati dengan mudah. Meskipun tidak selalu menjadi tanda kanker ginjal, Natalie menyarankan untuk tetap menemui dokter agar dapat melakukan tes lebih lanjut untuk menyingkirkan kanker dan penyebab serius lainnya.

2. Nyeri pada punggung bawah

Mengalami nyeri punggung bawah yang terjadi terus menerus? Atau merasa nyeri pada sisi antara tulang rusuk dan tulang pinggul? Jika ya, ini bisa jadi gejala dari kanker ginjal. Sayangnya, kondisi ini seringkali diabaikan, karena umumnya gejala tersebut tidak umum dikaitkan dengan kanker ginjal.

Akan tetapi, Natalie menyarankan Anda untuk segera pergi ke layanan kesehatan terdekat, apabila nyeri tersebut terjadi secara konstan dan tidak hilang.

3. Kelainan darah

Kelainan darah seperti anemia (jumlah darah merah rendah) atau polisitemia (jumlah darah merah tinggi) bisa menjadi gejala kanker ginjal.

Natalie menuturkan, ginjal bertindak sebagai sinyal bagi tubuh untuk membuat sel darah merah, sehingga jika ada tumor yang tumbuh atau menjadi kanker, sinyal tersebut terganggu dan menyebabkan anemia.

Namun, meskipun anemia bisa menjadi tanda kanker ginjal, perlu diketahui bahwa anemia juga bisa terjadi akibat kurangnya zat besi dalam makanan Anda.

4. Lelah dan lemah terus menerus

Merasa lelah dan lemah terus menerus adalah efek samping yang umum dari kanker ginjal dan ini dapat mencakup kelemahan umum atau perasaan berat, sulit berkonsentrasi hingga menurunnya minat pada rutinitas sehari-hari.

Jika kelelahan ini dirasa sudah mengganggu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk segera ke dokter untuk melihat apakah yang menyebabkan Anda selalu merasa lelah dan apakah kondisi tersebut bisa diatasi.

5. Berat badan menurun atau hilangnya nafsu makan

Nafsu makan yang hilang secara tiba-tiba terkadang dapat dikaitkan dengan kanker ginjal.

“Kurangnya minat pada makanan juga dapat berkontribusi pada penurunan berat badan yang tidak disengaja, dimana ini merupakan gejala lain dari penyakit ini,” kata Natalie.

Apabila Anda mengalami salah satu gejala di atas, dan berlangsung terus menerus, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Semakin cepat kanker ginjal terdeteksi, maka akan lebih mudah untuk mengobatinya. Selain itu, pemeriksaan rutin juga sangat disarankan karena pada kebanyakan kasus, gejala kanker ginjal hampir tidak terlihat pada tahap awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro