Ilustrasi perempuan mengalami gejala Covid-19 varian Omicron/Everyday Health
Health

Gejala Utama Omicron yang Dilaporkan Saat Gelombang Ketiga Covid-19

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 8 Februari 2022 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kasus harian akibat Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Walaupun tidak seperti gelombang pertama dan kedua, gejala Omicron pada gelombang ketiga ini relatif lebih ringan dan tidak menyebabkan kerusakan parah para paru-paru.

Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada karena penyebaran Omicron jauh lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta.

Gejala Covid-19 varian Omicron menyerupai flu dan pilek. Karena itu, semakin sulit untuk mendeteksi apakah orang di sekitar Anda terinfeksi Omicron atau hanya flu biasa. Hal ini menyebabkan para dokter dan profesional medis mendesak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan guna cegah penularan Omicron.

Melansir dari Times of India pada Selasa (8/2/2022), Institut Ilmu Kedokteran India (ICMR) telah mencatat beberapa gejala yang paling sering dilaporkan hingga orang-orang yang paling terpengaruh.

Gejala Utama Varian Omicron

Lantas, kelompok usia apa yang paling terpengaruh selama gelombang varian Omicron? Menurut Balram Bhargava, Direktur Jenderal ICMR gelombang ketiga Covid-19, yang didominasi oleh varian Omicron, lebih besar menyerang populasi orang muda.

Penelitian ICMR menemukan bahwa usia rata-rata mereka yang dirawat di rumah sakit adalah 44 tahun ke bawah.

“Sekitar 46 persen memiliki penyakit penyerta, ini adalah orang-orang yang lebih muda. Namun, hampir setengah dari mereka memiliki beberapa penyakit penyerta dan gejala mereka jauh lebih sedikit," ujarnya seperti dikutip dari Times of India, Selasa (8/2/2022).

Menurut laporan ICMR, Gejala yang paling banyak dilaporkan oleh pasien Omicron, yaitu sakit tenggorokan. Berbeda dengan varian Delta yang langsung menyerang paru-paru, varian Omicron menginfeksi sistem pernapasan bagian atas sehingga menimbulkan gejala ringan seperti pilek.

“Sakit tenggorokan adalah gejala utama selama gelombang Omicron,” kata Bhargava.

Ada penggunaan obat-obatan yang secara signifikan lebih rendah selama lonjakan ini dan hasil yang meningkat secara signifikan dengan komplikasi yang jauh lebih sedikit dari gagal ginjal, sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) dan lain-lain.

Gejala Umum yang Harus Anda Waspadai

Selain sakit tenggorokan, masyarakat juga harus mewaspadai gejala, seperti sakit kepala, demam ringan, kelelahan, pilek, keringat malam, dan muntah, berdasarkan laporan oleh Aplikasi Studi gejala ZOE Inggris.

Pada awal gejala ini, Prof. Tim Spector, Kepala Penelitian, mendesak semua orang untuk segera dites Covid-19.

Meskipun rapid antigen atau tes Covid-19 di rumah adalah cara tercepat untuk mengonfirmasi status Anda, tetapi mendapatkan tes RT PCR dapat memberi Anda hasil yang lebih akurat. Jika Anda melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19 yang dikonfirmasi atau mulai mengalami gejala, tapi jangan ragu untuk melakukan tes.

Sementara itu, lakukan isolasi mandiri di rumah Anda dan jaga jarak dengan orang lain sampai hasil tes Covid-19 terbaru Anda keluar sebagai negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro