Semangka/Istimewa
Health

Baru Saja Menjalani Operasi? Ini 6 Makanan yang Harus Dimakan dan Dihindari

Ni Luh Anggela
Rabu, 9 Februari 2022 - 12:33
Bagikan

Biji-bijian utuh hingga Dada ayam

1. Konsumsi biji-bijian utuh

Mengonsumsi biji-bijian utuh usai operasi tidak hanya membantu meningkatkan nutrisi, tetapi kandungan seratnya juga dapat meningkatkan fungsi usus, yang dapat terpengaruh setelah operasi.

Selain itu, serat juga dapat membantu meringankan gejala sembelit, yang sering terjadi pasca operasi.

2. Hindari biji-bijian olahan

Sembelit seringkali terjadi pasca operasi. Karena itu, hindari makanan yang bisa menyebabkan usus Anda sulit untuk mengeluarkan feses, salah satunya adalah biji-bijian olahan. Sebab, serat dalam biji olahan sudah banyak yang hilang selama di proses sehingga seratnya jauh lebih rendah daripada biji-bijian utuh.

3. Semangka bisa membantu menghidrasi

Semangka yang tinggi akan kandungan air sangat membantu Anda dalam mempertahankan hidrasi setelah operasi. Hidrasi tidak hanya membantu Anda pulih dengan cepat, tetapi juga dapat mengurangi risiko infeksi dan membantu membersihkan tubuh Anda dari residu obat bius yang digunakan.

4. Jangan minum alkohol sampai Anda pulih

Ada beberapa alasan yang sangat bagus mengapa Anda harus menghindari alkohol sampai Anda benar-benar pulih.

Sebagai informasi, alkohol yang dikenal sebagai diuretik, memiliki efek dehidrasi pada tubuh. Ini dapat menyebabkan masalah dalam pemeliharaan hidrasi setelah operasi, yang sangat penting untuk proses pemulihan.

5. Dada ayam adalah pilihan yang tepat

Protein tanpa lemak setelah operasi sangat penting untuk pemulihan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi protein yang cukup setelah operasi, akan membantu tubuh Anda melakukan semua pekerjaan yang diperlukan, mulai dari membuat antibodi untuk mencegah infeksi, hingga membantu pemulihan jaringan dan pembentukan bekas luka.

Selain dada ayam, Anda juga bisa menjumpai sumber protein tanpa lemak pada kacang-kacangan, kacang polong, tahu dan tempe.

6. Sebaliknya, hindari daging merah

Tidak semua protein diciptakan sama. Daging merah misalnya, ada baiknya untuk tidak disantap selama Anda dalam proses pemulihan. Ini karena daging merah cenderung memiliki kadar lemak jenuh yang lebih tinggi daripada sumber protein lainnya. Selain itu, lemak jenuh dalam daging merah dapat menyebabkan sembelit, efek samping umum pasca operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro