Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Jenis Jerawat dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat memiliki beberapa jenis, dan cara mengatasinya pun berbeda-beda, misalnya obat-obatan seperti salycid acid dan Benzoyl peroxide.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 09 Februari 2022  |  22:11 WIB
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat - Freepik
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tentu mengalami masalah pada kulitnya, terutama pada wajah yang kerap timbul jerawat. Pria maupun wanita yang mengalami kondisi kulit seperti ini, tentu akan merasa risih, tidak nyaman dan sangat terganggu karena membuat tidak percaya diri. 

Melansir dari Channel YouTube, Female Daily Network pada Rabu (9/2/2022). Jerawat memiliki beberapa jenis, dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. Berikut adalah penjelasannya. 

  1. Papule

Jenis jerawat yang pertama ini biasa juga disebut sebagai White head, jenis jerawat ini  biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Selain itu, jerawat ini juga timbul mata pada bagian tengah jerawat.

Warna pada jerawat tersebut biasanya putih kekuning-kuningan dan terdapat ruam merah pada bagian pinggirnya. Jika kamu mengalami jerawat seperti ini, sebenarnya penyembuhannya tidak terlalu lama asalkan kamu tidak menyentuhnya dengan tangan kotor.

Jerawat jenis menggunakan obat-obatan seperti salycid acid dan Benzoyl peroxide. Penyebab jerawat ini biasanya timbul karena tidak cocok dengan kosmetik yang kamu gunakan, makanan berminyak dan hormon yang tidak stabil. 

  1. Pustule

Jenis jerawat ini tingkatannya di atas jerawat papula, bentuknya merah menonjol dengan sedikit mata pada ujungnya disertai rasa nyeri ketika disentuh. Jenis jerawat ini juga terjadi karena peradangan, sehingga menimbulkan kulit di sekitarnya berwarna kemerahan.

Apabila kamu mengalami jerawat seperti ini, jangan coba untuk memencetnya hingga keluar darah. Sebaiknya kamu lebih bersabar hingga sembuh dengan sendirinya sambil menggunakan rangkaian obat penyembuh jerawat. 

  1. Cystic Acne

Jerawat ini biasa dikenal dengan jerawat batu, biasanya jerawat ini ukurannya besar, bengkak dan menimbulkan rasa nyeri seperti nyut-nyutan, terutama ketika disentuh akan sangat sakit.

Jerawat ini juga tidak memiliki mata dan hanya merah menonjol. Kasus jerawat ini sebaiknya ditangani oleh dermatologi agar tidak bertambah parah atau menjadi luka.

  1. Hormonal Acne

Jerawat ini biasanya muncul karena kondisi hormon yang tidak stabil atau seimbang, atau bagi perempuan biasanya akan mengalami ketika mendekati masa-masa menjelang menstruasi.

Jenis jerawat yang tumbuh cukup beragam, seperti pustule, papule atau cystic Acne dan akan muncul di sekitar dagu, hidung, rahang atau biasanya juga di sekitar hidung.

Jerawat ini akan hilang dengan sendirinya ketika masa haid akan berakhir atau ketika hormon tubuh sudah kembali normal atau stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat jerawat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top